• ??? ????
  • ??? ????
  • Ungkap Misteri Matahari, NASA Siapkan Kamera Khusus

    Fri,28 June 2013 | 08:50

       

    CALIFORNIA - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, menyiapkan kamera khusus untuk mengungkap misteri matahari. Kamera yang dikembangkan oleh ilmuwan Bay Area ini akan difokuskan menangkap gambar terbaik dari aktivitas matahari. Dilansir Mercurynews, Kamis (27/6/2013), NASA berencana untuk meluncurkan Interface Region Imaging Spectrograph (IRIS) ke luar angkasa dari Vandenberg Air Force Base.

    "Sebagian besar orang berpikir bahwa matahari sebagai sumber konstan panas dan cahaya," kata Direktur NASA Pete Worden.Ia mengatakan, NASA melihat matahari sebagai tempat dari sejumlah aktivitas yang misterius dan sangat aneh. Terdapat teka-teki besar, yakni bagaimana energi dilepaskan dari interior matahari yang dapat mengeluarkan panas jutaan derajat keluar atmosfer.Sejak 1940, para ilmuwan mencoba mengungkap bagian inti matahari. Penelitian terbaru ini memanfaatkan kamera kapal IRIS, yang digunakan untuk mempelajari matahari dengan teknik komputasi canggih.Projek senilai USD170 juta ini bertujuan untuk memahami fisika yang rumit dari matahari, yang dapat berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup di Bumi.

    Gambar digital akan dikirim sebagai data untuk dianalisis menggunakan superkomputer.Kamera IRIS tidak akan mengalami risiko terbakar, sebab NASA memastikan kamera mutakhir tersebut mengorbit aman 400 mil di atas Bumi. Ini adalah misi pertama yang dirancang dengan menggunakan teleskop ultraviolet untuk menangkap gambar resolusi tinggi setiap beberapa detik."Kami mencoba memahami beberapa misteri tentang bagaimana matahari bekerja," kata Bart DePontieu, ilmuwan IRIS Lockheed Martin. Kamera IRIS yang mulai beroperasi musim panas tahun ini akan mengamati matahari dengan cakupan panjang area surya sedikitnya 150 mil.


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News