• ??? ????
  • ??? ????
  • Mengenal Sekering

    Fri,19 July 2013 | 11:04

       

    JIP - Preeet....waaalaaah......tiba-tiba lampu atau semua perlengkapan listrik di mobil mati. Eit.... tenang saja. Tidak usah panik sampai keluar keringat dingin. Hampir pasti, ini hanyalah masalah sekering putus.

    Mari kita mulai dengan pengenalan  komponen sederhana bernama sekering atau fuse ini. Benda pipih imut warna-warni ini juga ada yang bentuknya mirip lampu neon, yang selalu nyumput dan terlindung di dalam rumahnya yang berbentuk kotak. Dan biasa disebut kotak sekring atau rumah sekring.Sekering pada rangkaian listirk berfungsi sebagai pemutus arus bila terjadi beban lebih, atau melebihi kapasitas yang seharusnya. Juga berfungsi sebagai pemutus arus ketika terjadi hubung singkat, atau korsleting pada kendaraan. Sesuai dengan fungsinya tadi, maka tidak usah panik bila lampu atau perangkat kelistrikan lain tiba-tiba mati.

    Langkah pertama, segeralah lakukan pengecekan pada sekering atau fuse di kotak utama sekering atau fuse, yang biasanya terletak di dalam ruang mesin. Selanjutnya cari posisi kotak atau rumah sekering. Setelah ketemu, buka tutupnya, dan selanjutnya perhatikan gambar diagram blok di balik tutup tersebut.

    Bila lampu utama yang mati, maka kita cari blok diagram yang menunjukan posisi sekering lampu utama. Setelah ketemu, cabut sekering tersebut kemudian terawang (bukan duit kertas saja yang perlu diterawang...he..he ). Apakah ada elemen yang putus? Ini ditandai dengan terpisahnya elemen yang berada di dalam lempeng. Kalau elemennya terpisah maka sudah bisa dipastikan sekring tersebut tidak berfungsi alias putus. Segera ganti, tentu dengan bentuk dan ukuran amper yang sesuai.

    Pada kendaraan menganut tegangan searah DC, yang berbeda dengan di rumah yang menganut tegangan bolak-balik (AC). Maka tidak usah khawatir bakal kesetrum ketika melakukan penggantian sekering yang putus, atau ketika kita pengecekan sekering dan perangkat kelistrikan lainya. Tapi ingat, jangan pernah memegang kabel-kabel yang berkaitan dengan busi saat mesin dalam kondisi hidup. Bila kesetrum yah.. lumayan bisa buat perut laper dan badan lemes.

    Untuk kendaraan keluaran anyar yang umumnya mengusung injeksi elektronik (tidak lagi menggunakan karburator) serta teknologi commonrail pada mesin diesel, biasanya sudah tersedia alat penjepit atau pencabut sekering yang terletak di dalam rumah sekering. Alat pencabut sekering ini sangat membantu saat terpaksa mengganti sekering.

     

    Tips Penggantian

    Penggantian sekering, apapun bentuknya selain memperhatikan angka yang tertera juga kualitas bahan sekering itu sendiri. Karena kualitas bahan dasar sangat berpengaruh pada usia pakai. Ini mudah terlihat dari bentuk fisiknya. Sekering ala kadarnya biasanya bentuk fisiknya agak kasar bila dibandingankan dengan sekering yang berkualitas. Kalau tidak dalam kondisi darurat, pakailah selalu sekering yang berkualitas.

    Yang sering lupa setelah penggantian adalah pengecekan ulang penempatan sekering pada tempatnya. Sebelum menutup rumah sekering, periksa kembali apakah posisinya telah sempurna. Sekering tidak boleh goyang saat ditekan-tekan. Bila posisi sekering tidak kuat, dikhawatirkan terjadi pecikan api. Begitu juga bila mengganti sekering dengan nilai amper yang lebih besar dari semestinya, mengingat fungsi sekering sebagai pengalir arus.

    Untuk mengecek sekering, bisa dilakukan tanpa dilepas dari dudukanya. Cukup gunakan alat bantu obeng tester khusus DC. Atau sekering dilepas, lalu di terawang apakah elemen antara dua kutubnya tersambung atau memisah? Bila terpisah, berarti sekering sudah rusak.

    Bila kedapatan putus, maka ganti dengan yang baru dan sesuaikan ukuran aslinya. Misal tertera 15 A, maka kita harus menggantinya dengan yang 15 amper juga. Bagaimana bila tidak membawa penggantinya? Untuk kondisi darurat, dapat dilakukan dengan menyambungkan kedua kutub sekering dengan beberapa utas serat kabel (kabel utuh yang dibongkar dan ambil beberapa serat sesuai kebutuhan. Biasanya satu lembar serat kabel yang ada di kendaraan memiliki nilai berkisar 5 amper).

     

    Tips Perawatan

    Selain karena usia pemakaian sekering /fuse putus disebabkan beberapa hal misal;

    Beban lebih Terjadi hubungan arus pendek Tidak sesuai kebutuhan Sambungan antar terminal atau kabel kendor Dudukan atau posisi sekring yang tidak kuat

     

    Tips agar sekering tidak mudah putus atau meleleh yang akan berakibat terjadi kebakaran;

    Tidak menambah beban baru pada terminal atau jaringan bawaan pabrik Buatlah jaringan baru bila ingin menambah/mengambil beban atau jaringan atau setrum untuk perangkat-perangkat listrik baru yang memerlukan arus besar. Pakailah terminal atau sambungan khusus untuk setiap sambungan kabel, agar tidak kendor  karena guncangan dan getaran Tutup atau lindungilah setiap sambungan-sambungan kabel dengan bahan khusus Untuk rangkaian/perangkat kelistrikan yang memerlukan arus besar pergunakan kabel dan sekering tersendiri yang sesuai, dan mengambil langsung dari sumber atau Aki ( Accu )

     

    Rumus sederhana Tegangan;                                                                                            

    V = P/I atau V=I.R

    V = Tegangan  listrik( Volt )

    I  = Arus listrik ( Amper )

    P = Daya listrik ( Watt )

    R = Hambatan ( Ohm )


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News