• ??? ????
  • ??? ????
  • Cara Atasi Skep Karburator Kawasaki Ninja 150RR Nyangkut

    Fri,23 November 2012 | 10:55

       
    Tag

    PitStop – TPZ, Cara Atasi Skep Karburator Kawasaki Ninja 150RR Nyangkut, Scorpio Motor


    Skep yang terdapat di karburator Kawasaki Ninja 150RR, sering nyangkut.  Ini terjadi di kala musim hujan, cuaca yang lembab dan dingin.

    “Kebanyakan konsumen pembesut Ninja 150RR yang datang, mengeluhkan skep dalam karburatornya sering nyangkut. Tentu selain berbahaya, rpm enggak mau turun dan mesin pasti teriak,” papar Hastono alias Simas, mekanik kawakan specialis Kawasaki Ninja 2-tak dari bengkel PitStop – TPZ di Jl. Raya Kebon Jeruk No. 9, Jakarta Barat.

    Dibenarkan juga oleh Heru Mustofa, mekanik spesialis 2-tak dari Scorpio Motor di Jl. Meruya Selatan No. 53, Jakarta Barat. “Skep bisa nyangkut akibat uap air yang masuk ke dalam karburator dan mengembun. Akibatnya lubang laluan skep menyempit, sehingga skep ngejim alias nyangkut. Walau skep dilapis teflon untuk mengurangi gesekan tetap saja nyangkut,” jelasnya.

    Nah, kedua mekanik ini punya jurus atasinya. Berhubung caranya terbilang mudah, bisa praktek sendiri.   

    LUBANGI SKEP
    Ini tips kepunyaan bengkel Scorpio Motor. “Lubangi skep, tujuannya membuang uap yang masuk di karburator sehingga air enggak tertahan di body skep,” kata Mas Heru, panggilan mekanik ini.

    Untuk aksi bolong bisa pakai bor. “Lubangnya jangan terlalu besar, pakai saja mata bor 8 mm. Letaknya bisa dimana saja asalkan di atas skep, untuk jalur keluar uap air,” tambahnya.

    DOBEL PER

    Tips ini diberikan PitStop – TPZ. “Dobel per skep, agar tekanan yang diberikan per untuk mendorong kembali skep bisa lebih besar, sehingga minim nyangkut,” tutur Simas yang mulai buka bengkel dari tahun 2000-an.

    Per tambahan ini bisa pakai pegas yang melilit slang di perangkat rem belakang Ninja, ukurannya lebih kecil dibanding per skep. “Tempatkan per yang lebih kecil di dalam dan yang besar di luar. Tapi, resikonya tangan akan pegal karena untuk betot gas terasa berat, butuh tenaga lebih,” wanti Simas.

    GANTI KARBU
    “Buat yang punya dana lebih, monggo ganti karbu. Contoh Keihin PE 28 atau lainnya,” sepakat kedua mekanik itu. (motorplus-online.com)

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News