• ??? ????
  • ??? ????
  • Pengamat Lihat Adanya Perubahan Sendratari Bali

    Tue,10 December 2013 | 12:29

       

    Denpasar, 10/12 (Antara) - Pengamat seni Budaya Bali Kadek Suartaya, M.Si. melihat adanya perubahan pada seni drama dan tari dalam kehidupan sosial budaya Pulau Dewata dari waktu ke waktu.

    "Perubahan itu dipengaruhi faktor internal dan eksternal terhadap dinamika perubahan sendratari," kata dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Selasa.

    Kandidat doktor Kajian Budaya Universitas Udayana itu mengemukakan bahwa sendratari merupakan salah satu bentuk tari yang pertama kali muncul di Jawa Tengah pada 1961.

    Setahun kemudian seni pentas itu menggunakan prinsip estetik drama tari tanpa dialog berkembang di Bali. Pada umumnya sendratari Bali berorientasi pada dua epos besar India, yakni Ramayana dan Mahabharata.

    Lakon-lakon dari dua karya sastra agung itu disajikan dalam sendratari kolosal sejak 1979 hingga sekarang di arena Pesta Kesenian Bali (PKB).

    "Perubahan secara bentuk terbagi menjadi dua yakni sendratari kecil dan sendratari besar," ujar Suartaya seniman serba bisa yang sering memperkuat tim kesenian Bali mengadakan lawatan ke mancanegara.

    Sendratari kecil dengan jumlah penari antara 20-25 orang, sedangkan sendratari besar dibawakan sekitar 50-100 penari.

    Kehadiran sendratari di tengah masyarakat Pulau Dewata memengaruhi sejumlah bentuk seni pertunjukan Bali seperti drama gong dan cak atau kecak.

    Sebagai seni pertunjukan sekuler, pada era tahun 1970-1980-an menjadi tontonan favorit masyarakat setempat.

    Selain itu dalam eksistensi sendratari dalam kehidupan era globalisasi menunjukkan peran yang semakin penting. Lawatan tim kesenian Bali dalam forum nasional dan internasional juga sering menyuguhkan pementasan sendratari.

    Demikian pula acara kenegaraan dan kebangsaan sudah lazim disertai dengan pementasan sendratari Bali. Selain itu juga diplomasi budaya Indonesia di luar negeri juga tak jarang disertai penampilan sendratari, tutur Kadek Suartaya.


    (T.I006/B/M.I. Ilmie/M.I. Ilmie) 10-12-2013 12:16:49


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News