• ??? ????
  • ??? ????
  • Hari Nusantara Kotabaru Sedot Ribuan Wisatawan

    Fri,18 October 2013 | 15:31

       
     

    Oleh Imam Hanafi

    Kotabaru, 18/10 (Antara) - Perayaan Hari Nusantara digelar di Pantai Gedambaan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan diharapkan mampu menyedot ribuan wisatawan domestik dan mancanegara.

    "Puncak perayaan Hari Nusantara 13 Desember 2013 di Pantai Gedambaan," kata Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, H Rusli Erfa, di Kotabaru, Jumat.

    Oleh karena

    itu, Pemkab Kotabaru hendaknya dapat menjadikan kegiatan itu menjadi sarana untuk mempromosikan seni budaya, pariwisata serta sumber daya alam dan bahari.

    Sebagai tuan rumah, Kotabaru seharusnya segera berbenah dan "mempersolek diri", agar pengunjung yang memiliki modal besar yang datang ke daerah ini tertarik untuk berinvestasi, maupun berkunjung kembali menikmati alam "Bumi Saijaan".

    Selain Pantai Gedambaan, Kotabaru memiliki banyak potensi wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

    Seperti, wisata bahari terumbu karang di Teluk Tamiang, Pulau Laut Barat, Budidaya rumput laut, air Terjun Tumpang Dua, Pulau Cinta, dan beberapa objek wisata lainnya.

    Peran masyarakat dalam mensukseskan Hari Nusantara yang akan didukung oleh sekitar 12 Kementerian itu sangat diperlukan, terutama, menjaga lingkungan tempat tinggal dan objek wisata tetap bersih dari sampah.

    "Mudah-mudahan utusan dari 34 provinsi akan hadir dalam Hari Nusantara," ucapnya.

    Dalam kesempatan terpisah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kotabaru, H Talib menjelaskan, Hari Nusantara bukanlah sekedar hajatan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan semata, tetapi kegiatan yang akan dimotori oleh 12 Kementerian.

    "Kesempatan baik itu dapat dimanfaatkan Kabupaten Kotabaru bisa mempromosikan daerah dan semua potensinya, karena kegiatan tersebut melibatkan 12 kementerian," jelasnya.

    Talib optimistis, masing-masing Kementerian akan mengambil bagian sesuai bidangnya, untuk memajukan Kotabaru sebagai daerah berkembang dan sejajar dengan daerah maju lainnya.

    Selain memiliki potensi hasil tambang yang melimpah ruah, "Bumi Saijaan" Kotabaru juga memiliki potensi kepariwisataan, terutama wisata bahari.

    "Kotabaru memiliki gugusan karang yang keindahanya tidak kalah dengan di Bunaken, dan yang lainnya," ucap dia.

    Batu karang yang ada di pesisir Teluk Jagung, Pulau Laut Barat, dan Pulau Laut Selatan, memiliki keindahan yang mempesona. Selain batu karang, Kotabaru juga memiliki beberapa pulau yang dijadikan tempat koloni penyu bertelur, seperti Pulau Samer Gelap, dan beberapa pulau di Kecamatan Pulau Sembilan.

    "Potensi-potensi tersebut bisa dijual kepada wisatawan domestik dan mancanegara, tinggal melibatkan Kementerian Pariwisata terkait mengelolaanya," imbuhnya.

    Talib juga menambahkan, salah satu kegiatan yang akan dilakukan dalam Hari Nusantara 2014, parade kapal perang, terjun payung dan kegiatan yang menarik lainnya.

    (T.I022/B/I.K. Sutika /I.K. Sutika ) 18-10-2013 15:09:19

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News