• ??? ????
  • ??? ????
  • Tanda-Tanda Pacar Kamu Memiliki Gangguan Kepribadian

    Wed,09 January 2013 | 11:28

       



    Pacar kamu sering naik turun mood-nya? Sebentar manis banget dan sayang sama kamu tapi kemudian tiba-tiba marah-marah gak jelas ke kamu? Memiliki kecemasan dan kecemburuan berlebihan? Ok sini merapat.




    Gini, karena hampir nyaris semua cewek cemburuan, cemasan dan moody, mari kita sepakati bahwa kata ‘gangguan’ disini berarti maksudnya ya sudah dalam level mengganggu dan berada di luar koridor normal dan batas toleransi lagi. Pokoknya udah sampe bikin kamu tertekan deh.




    Nah, jadi ada yang namanya Borderline Personality Disorder (BDP), ini gangguan kepribadian yang paling sering terjadi dalam hubungan interpersonal. Hmmm apa ya bahasa Indonesianya? Borderline itu artinya ambang, dan emang gangguan ini merupakan ambang/batas dari gangguan kepribadian Psikosis dan Schizophrenia. HAH APAAN LAGI TUH? Udeh langsung ke ciri-cirinya aja ye biar gak tambah pusing.



    - Takut Ditinggalin

    Seseorang dengan BDP ini biasanya gak bisa mentoleransi perpisahan. Jadi gak mau kamu jauh-jauh gitu dari dia. Oh kamu pikir itu manis? Manja? Gimana kalau sampai kamu gak bisa beraktivitas dengan leluasa, karena dia nempel mulu kemana kamu pergi, kampus, kelas, kantor, ikut nongkrong sama teman-teman kamu. Cepat atau lambat, kamu tidak lagi memiliki kehidupan sosial, karena selalu bersama dia kemana-mana. Dan ketika kamu berusaha melepaskan, dia akan ngamuk sejadi-jadinya, nangis, dan melakukan apa saja untuk bisa tetap bersama kamu atau mendapatkan kamu kembali. Hmmm.



    - Parno-an

    Paranoid dan super sensitif. Dia juga memiliki self-esteem yang rendah, jadi  minderan gitu. Memiliki persepsi yang negatif tentang dirinya dan menganggap orang lain juga berpikiran sama tentang dia.  Dia juga sering merasa frustasi dan akan menyalahkan kamu sebagai penyebab ketidakbahagian yang dia rasakan. Dia akan mulai menyerang kamu secara verbal dan bahkan fisik. Yang paling nyebelin adalah ketika kamu berusaha untuk menolong (membela diri dari serangan), dia malah akan menuduh kamu yang mau menyakiti dia. Terus biasanya bakalan gak inget kalau dia melakukan hal tersebut ke kamu. Huft banget lah pokoknya.




    - Moody


    Seperti yang udah kita sebutin di intro tadi. Dalam satu waktu dia menganggap kamu prince charming, love of her life, tapi kemudian kamu dianggap babu, perusak kebahagiaan dan melecehkan kamu. Ada kalanya dia ceria, bahagia, gembira, hangat, tapi dalam sekejap bisa berubah menjadi sangat dingin, kasar, marah-marah, depresi, dan terganggu. Bisa karena urusan sepele dan seringkali tanpa ada sebab yang jelas. Berasa naik rollercoaster lah naik turunnya. Ekstrim kanan ke ekstrim kiri. Dia gak punya standar logika tentang hal ‘baik’ dan ‘buruk’ karena semua sesuai dengan mood dia saat itu aja.  Membuat kamu juga jadi kayak megang vas dengan tangan berminyak, setiap saat bisa jatuh berantakan, meskipun kamu sudah sangat berhati-hati.



    - Impulsif

    Itu apa ya bahasa Indonesianya? Cirinya adalah dia melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak hatinya aja pada saat itu. Orang seringkali melihatnya kayak gak punya manner dan etiket berperilaku gitu jadinya. Perilaku impulsif yang juga sering dilakukan adalah boros dan belanja gila-gilaan. Beuh.



    - Kecenderungan merusak diri

    Bisa macem-macem nih bentuknya. Mulai dari makan berlebihan dalam satu periode tertentu, mabuk-mabukan sampai collapse, menkonsumsi narkoba sampai abusive, hubungan seks yang gak sehat, menyilet tangan dan bahkan sampai percobaan bunuh diri. Tsk tsk tsk.




    Sebetulnya selain hal-hal diatas, banyak lagi ceklis yang harus ada untuk menegakan diagnosa kalau cewek kamu memiliki gangguan kepribadian borderline. Tapi, dimulai dari 5 hal diatas itu aja dulu kamu ngeceknya. Dan ingat kata kuncinya : GANGGU. Kalau misalkan kelakuan dia seperti diatas tapi belum sampai level mengganggu, yah sabar aja ya. Jika sudah, hmmm coba dikonsultasikan sama profesional.




    Ini kok jadi serius gini ya artikelnya? Gapapa lah sesekali. Komen dong.


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News