• ??? ????
  • ??? ????
  • Ketika Industri Bollywood Genap 100 Tahun

    Wed,08 May 2013 | 15:28

       

    IYAAcom - Bollywood salah satu pesaing industri film asal India yang menyaingi Hollywood. Tidak terkenal dan tidak begitu mendunia seperti industri film Hollywood, namun industri Bollywood ini ternyata memiliki jumlah produksi film serta jumlah penjualan tiket yang tertinggi di dunia. Sekitar 1.500 film sudah di produksi dengan perkiraan pertumbuhan sekitar 2 miliar dollar AS dan diperkirakan lima tahun kedepan akan merangkak naik menjadi 3,6 miliar dollar AS.


    Di negaranya sendiri industri film Bollywood ini sangat populer, dan industri ini baru saja merayakan ulang tahunnya di umur genap ke-100. Tepat sekitar 100 tahun yang lalu, film paling pertama yang dibuat, diperankan langsung oleh orang India dan tentunya diproduksi langsung di India. "Raja Harishchandra" adalah film paling pertama yang pernah di produksi, hasil karya sutradara India, Dhundiraj Govind Phalke. Film yang bercerita tentang mitologi India ini jelas menjadi cikal bakal industri film Bollywood.


    Tak ingin dilewatkan begitu saja usia 100 tahun Bollywood, para sineas senior asal India memproduksi sebuah film berjudul "Bombay Talkies", 4 orang sutradara kenamaan asal India didapuk untuk menakhodai empat film pendek yang dibintangi aktor dan aktris terkenal di India.


    Mau lihat lebih dekat bintang-bintang Bollywood favorit kamu? Langsung saja klik disini


    Sumber: Berbagai Sumber


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News