• ??? ????
  • ??? ????
  • MBDC Travel: Leeds – Tempat Menarik

    Fri,09 November 2012 | 07:28

       


    Wisata kembali lagi dengan MBDC Travel edisi Leeds. Kemarin kita udah ngebahas tentang akomodasi & transport, dan juga tempat-tempat makan asik yang bisa kamu coba kalo lagi main ke Leeds. Nah selanjutnya MBDC mau ngebahas tentang beberapa tempat asik yang bisa kamu kunjungi di Leeds.


    Sebenernya, Leeds bukan kota yang banyak dikunjungi turis, karena emang gak banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi. Orang-orang kalo ke Inggris juga biasanya cuma ke London, sama ke Manchester. Tapi sebenernya ada beberapa tempat yang cukup menarik yang bisa jadi tujuan kamu kalo ke Leeds.


    Elland Road Stadium

    Nah ini dia stadium Leeds United FC yang legendaris. Walaupun saat ini sedang berada di divisi 2, Leeds United FC adalah salah satu tim sepak bola paling legendaris di ranah Inggris, dan salah satu rival terbesar Manchester United. Salah satu dosen MBDC disini adalah fans berat “The Whites”, dan salah satu wejangannya adalah “You might as well support Manchester United, that’s the worst thing anyone can do.” Jadi kalo kamu adalah fans MU dan mau main-main kesini, mendingan ati-ati aja sih.


    Masa kejayaan mereka adalah tahun 60-70an, ketika dilatih oleh Don Revie. Pas itu mereka memenangkan 2 kejuaraan divisi 1 (dulu namanya belom Premier League), 1 FA Cup, dan sempet masuk final European Cup juga (yang sekarang jadi Champions League), dan selalu masuk ke 4 peringkat teratas.



    Selain Don Revie, ada juga Billy Bremner yang dianggap sebagai legenda buat orang-orang Leeds. Billy Bremner adalah gelandang LUFC pada masa kejayaannya. Biarpun posturnya kecil, Billy Bremner adalah seorang fighter sejati, dan kadang dianggap terlalu kasar gaya mainnya karena semangatnya yang tinggi.


    Pas MBDC main kesana, kebetulan LUFC lagi mau ada tanding lawan Nottingham Forest FC. Jadilah MBDC cobain nonton sekalian. Pengen ngerasain kalo nonton bola di Inggris bersama fans-fans yang fanatik gimana rasanya. Ternyata seru juga. 


    Sebelom kick off setelah pemain-pemainnya di umumin namanya, mereka semua spontan berdiri dan nyanyiin lagu klub mereka yg judulnya “Marching On Together” yang menurut MBDC keren lagunya. Kalo mau denger coba cari aja di YouTube. Terus fans-fans sini pada antusias banget. Ada bola dateng dikit, langsung pada berdiri, padahal bolanya out juga. MBDC jadi ikut-ikutan berdiri gara-gara kalo duduk jadi gak keliatan apa yang lagi terjadi. Sebelah MBDC juga ada bapak-bapak bule umur 50an yang kayaknya cinta banget sama LUFC. Dikit-dikit dia berdiri, teriak-teriak sendiri, atau ngajakin orang-orang buat chant.


    Dan yang paling random, lagi gak ada apa-apa, tau-tau para fans pada nge-chant “There’s Only One Don Revie” dengan nada lagu Guantanamera. Dan kalo kamu tau sejarahnya LUFC atau pernah baca buku/nonton film The Damned United, kamu pasti tau ceritanya kenapa para fans LUFC pada gak suka sama yang namanya Brian Clough. Nah nama Brian Clough ini juga sempet di-chat juga pas MBDC nonton, tapi chant-nya gak ngenakin: “Brian Clough ! He’s a w***er He’s a w***er !” gitu dan diulang-ulang. Ternyata bule-bule juga banyak yang susah move on.


    Oh terus pertandingannya berakhir 2-1 buat Leeds. Untung menang. MBDC takut rusuh kalo kalah. Oh, kalo mau kesini, kamu bisa naik bus dari city centre, cari bus nomer 55 atau 51.


    Royal Armouries Museum

    Nah sesuai namanya, Royal Armories Museum ini isinya persenjataan dan alat-alat perang jaman dulu. Kalo kamu seneng dengan baju-baju zirah, pedang-pedangan dan persenjataan-persenjataan kuno, kamu musti kesini banget nih. Dan yang lebih asiknya, seperti kebanyakan museum di Inggris, untuk masuk ke Royal Armouries Museum ini gak dipungut biaya, alias GRATIS.

    Kamu liat aja nih foto-fotonya.




    Pas MBDC lagi ke Royal Armouries dan liat-liat museum-nya, tiba-tiba ada bapak-bapak pegawai disana yang nyamperin, dan nanya kalo apakah MBDC dan kawan-kawan itu mahasiswa internasional. Terus dia menawarkan untuk menjelaskan beberapa hal yang ada di ruangan tersebut. Misalnya senjata-senjata dibawah ini. Kata beliau pedang yang paling kanan itu adalah pedang paling gampang digunain, soalnya gak terlalu berat, bisa nusuk tembus baju zirah, bisa buat menggal organ tubuh, dan pegangannya juga bisa dipake buat ngegebuk lawan.



    Selain baju-baju zirah dan senjata jaman dulu, disini juga ada display senjata-senjata api juga. Dari jaman dulu sampe yang modern. Dan jenisnya pun macem-macem, dari handgun, rifle sampe gatling gun.



    Hal paling keren menurut MBDC disini adalah the Lion Armour. MBDC diceritain sama bapak yang tadi kalo baju zirah ini susah banget bikinnya, karena punya level detail yang sangat tinggi. Di setiap lambang singa yang ada, semuanya lengkap dengan ukiran gambar rambut, dan juga giginya. Terusnya lagi kata si bapak itu, Lion Armour ini masih misterius siapa yang punya, dan pertama kali dibuat untuk siapa. Katanya, yang jelas yang pertama kali mesen Lion Armour ini pasti anak orang kaya, terlepas apakah dia keturunan bangsawan atau bukan.



    Kalo kamu lagi di Leeds dan mau kesini, kamu ke bus station aja dulu, terus dari situ banyak penunjuk jalannya, jadi ikutin aja. Kira kira jalan 15-20 menit deh dari bus station-nya.


    Leeds City Centre 


    Ini adalah pusat kotanya Leeds. Isinya.. Ya macem-macem. Dari Town hall, Millenium Square, tempat-tempat makan, belanja, pub, club dan lain-lain. Salah satu kecenya Leeds ya ini. Kamu kalo mau nyari apa-apa, semua udah lengkap ada di City Centre. Super market gede ada 2. Terus toko-toko pakaian, dari yang murah sampe yang mahal juga lengkap semua. Mau nyari barang-barang dewasa? Ada. Mau ngopi atau minum? Pilihan banyak. Mau cari pasar tradisional? Ada dong! (Gila promosi abis)




    Tadi MBDC sempet nyebut toko barang-barang dewasa kan ? Nah ini dia.



    Adult Superstore ini lumayan perhatian lho sama pembeli. Kalo kamu malu atau takut keliatan sama orang kalo masuk dari pintu depan, mereka juga menyediakan pintu belakang supaya kamu gak ketauan sama orang main-main kesitu.


    Di City Centre sendiri ada beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Corn Exchange.



    Corn Exchange ini adalah salah satu gedung bersejarah di Leeds. Dulunya, gedung ini digunakan sebagai tempat transaksi antara para petani dan pedagang pasar. Tapi sekarang gedung ini udah disulap jadi semacam Boutique Mall.



    Begitulah. Itulah beberapa tempat menarik yang MBDC kunjungi sejauh ini. Sebenernya masih ada lagi sih kalo dicari-cari, tapi belom nemu atau belom saatnya aja. Seperti katanya di Millenium Square kalo lagi winter ada ice rink. Atau pas summer, banyak bule-bule jemuran nikmatin matahari di taman dengan pakaian minim.


    Selanjutnya kita bakal ngebahas sesuatu, yang sepertinya juga bakal jadi segmen terakhir dari MBDC Travel edisi Leeds ini. Apakah kamu tahu itu apa? Kalo bisa nebak berarti jago banget.


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News