• ??? ????
  • ??? ????
  • Buah-Buahan Penurun Kolesterol

    Mon,20 January 2014 | 12:25

       

    Masalah kolesterol saat ini sudah menjadi masalah yang sangat umum di masyarakat. Pola makan yang tidak sehat menjadi penyebab kolesterol jahat menumpuk di dalam tubuh. Banyak diantara penderita kolesterol tinggi yang mengkonsumsi berbagai obat-obatan untuk mengatasi masalah mereka. Namun tanpa diimbangi pola makan yang sehat, usaha tersebut akan jadi sia-sia. Penggunaan obat-obatan secara terus menerus juga tidak baik untuk tubuh. Berbagai efek samping dari obat-obatan tersebut justru bisa menimbulkan penyakit lain.

    Salah satu cara yang paling baik dalam menurunkan kada kolesterol adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Berikut ini ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai obat alami menurunkan kolesterol. Secara luas beberapa jenis makanan dan buah-buahan ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sebaliknya meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh sehingga kadar kolesterol tetap normal (HDL).

    1. Jeruk nipis

    Diantara beragam jeruk, jeruk nipis atau lemon adalah yang paling banyak mengandung flavonoid. Senyawa ini mampu menghambat produksi LDL sehingga mengurangi resiko serangan jantung. Flavonoid dapat pula diperoleh dalam teh, brokoli, tomat, kedelai, bawang berlapis-lapis seperti bawang bombay, bawang merah, serta buah delima.

    2. Apel

    Serat larut yang banyak terdapat dalam apel merupakan sumber beta glucan. Di dalam tubuh, beta glucan ikut berperan mengontrol penyerapan dan produksi kolesterol. Sumber lain pepaya, buah-buahan yang dimakan beserta kulitnya (apel dan pir), wortel, kapri, dan sayur-sayuran polongan lain (buncis, kecipir dan kacang panjang) polong-polongan kering (kacang hijau, kacnag merah, dan kacang tolo), serta beras merah.

    3. Jambu biji

    Sama seperti semangka merah dan tomat merah, jambu biji merah kaya akan likopen yang ikut berperan dalam mengendalikan produksi kolesterol.

    4. Alpukat

    Asam pantotenat merupakan senyawa paling menonjol dalam alpukat yang berperan meredam kolesterol darah.

    5. Mangga

    Vitamin C banyak terdapat dalam buah mangga. Vitamin C mencegah kolesterol jahat teroksidasi sehinga menghindarkan terbentuknya plak di dinding pembuluh darah.

    6. Blueberry

    Buah blueberry juga dapat dijadikan salah satu buah yang banyak digunakan para ahli kesehatan di Amerika dalam membantu para pasien yang menderita kolesterol tinggi. Buah blueberry juga diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih dari dalam tubuh. Hal ini dibuktikan karena adanya kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam buah blueberry yakni pterostilbene yang memiliki fungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh.

    7. Anggur

    Buah anggur selain mengandung serat yang sangat baik bagi tubuh, ternyata juga mengandung zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News