• ??? ????
  • ??? ????
  • Kenapa Wanita Lebih Mudah Merasa Kedinginan?

    Thu,21 February 2013 | 15:37

       

    KAUM wanita kerap mengeluh mudah merasa kedinginan. Pakar medis meyakini, kondisi ini disebabkan oleh pengaruh hormon. Benarkah?

    Dalam penelitian di tahun 1998, para pakar menemukan suhu tubuh wanita 0,4 derajat lebih tinggi dari pria, namun tangan dan kaki lebih dingin 2,8 derajat. Menurut teori yang dihasilkan lewat riset itu, perbedaan temperatur tubuh ini disebabkan oleh mekanisme alamiah. Tubuh wanita diciptakan untuk melindungi janin dari udara dingin selama masa kehamilan.

    Professor Michael Tipton dari University of Portsmouth mengklaim, sensor penerima panas berada dalam jarak satu milimeter dari permukaan kulit. Karena kondisi kapiler darah, kulit biasanya memiliki suhu yang lebih nyaman dan stabil di tubuh. Namun lain halnya dengan suhu tubuh wanita yang bervariasi mengikuti perubahan kadar estrogen yang mengontrol pembuluh periferal. Semakin banyak hormon yang terkandung dalam darah, semakin tinggi pula sensitivitas pembuluh darah terhadap temperatur udara.

    Seperti dicatat Genius Beauty, saat merasa kedinginan, reseptor suhu dalam tubuh memberi sinyal pada kapiler untuk menyempit dan menyalurkan darah secara langsung ke organ-organ vital. Kondisi ini berakibat pada adanya perbedaan suhu yang cukup drastis di beberapa bagian tubuh.

    Ada lagi faktor lainnya. Wanita tercatat memiliki kadar lemak 10 % lebih banyak dari pria. Sel selaput dalam tubuh melindungi organ-organ dalam dari kerusakan juga mencegah suhu panas menyentuh permukaan kulit. Itulah sebabnya orang-orang yang mengalami obesitas kerap memiliki temperatur kulit yang lebih rendah.

    (rere/ade)


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News