• ??? ????
  • ??? ????
  • Pintu Gebyok yang Percantik Fasad

    Fri,14 December 2012 | 07:44

       

    Gebyok memiliki ciri yang sangat kuat pada ornament ukirnya yang cantik dan rumit. Namun seiring perkembangan zaman, gebyok kini juga dipakai pada rumah modern, menempel pada konstruksi dinding beton. Gebyok pun biasanya ditempatkan sebagai pintu utama.

    Gaya tradisional dipadu modern, menghasilkan citra baru yang elektik. Inilah tiga rumah di perumahan Permata Puri Laguna, Cimanggis, Depok yang dipercantik dengan gebyok.

    Rumah ini memiliki bentuk yang didominasi tegak lurus yang kaku. Rooster berornamen bunga di bagian atas teras, seta pintu gebyok dari kayu jati tua, memecah kekakuan bentuk itu.

    Pintu gebyok berukuran 214cmx300cm. Aslinya, panjang gebyok mencapai sekitar 5m, yang dibeli langsung dari rumah penduduk asli di Salatiga, Jawa Tengah. Untuk kebutuhan rumah ini, maka ukuran panjang pintu dipangkas menjadi 214cm.

    Gebyok ini memiliki ukiran luar dan dalam, sehingga keindahan ukirannya dapat dinikmati dari dua sisi. Dua kursi bulat yang dilekangpi meja bulat diletakkan di teras. Pelengkapnya, lampu gantung antik.

    Foto: Dok. iDEA/Tri

    Lokasi: Rumah Keluarga Inda Sulistyawan


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News