• ??? ????
  • ??? ????
  • Taman dan Teras Kolam Bebatuan Menyegarkan Beranda

    Fri,16 November 2012 | 17:44

       

    Udara sejuk yang mengalir dari taman, lalu masuk ke dalam rumah. Suhu udara ini relatif lebih rendah dari udara sekitar. Terasa amat menyegarkan, apalagi jika ditambah dengan gemericik air yang merdu dan menciptakan suasana pedesaan. Berkat penataan taman dan kolam yang tepat ini membuat terciptanya rasa nyaman. Lokasi taman ini terdapat di area pojok lahan rumah.

    Aneka ragam tanaman maupun pepohonan tertanam dengan rapi dan asri. Di bagian tegah, dekat dengan teras, terdapat kolam mirip kali kecil. Dinding dan dasar kolam ini terbuat dari susunan baru kali. Bebatuan tersebut juga tersusun mengelilingi kolam dengan ukuran yang berbeda-beda, ada yang besar dan agak kecil. Permukaannya sengaja tidak di coating agar pori-pori yang kasar terlihat muncul kesan alami dan indah. Keberadaan teras menambah harmonis keindahan taman ini.

    Konsep desain kolam sebenarnya sederhana. Mirip desain teras tempo dulu yang memiliki “pagar” berupa dinding tembok. Atapnya pun sederhana dengan bentuk yang miring dan menjorok ke arah luar bangunan. Bagian sisi atap segaja dibuat lebih besar dari ukuran teras guna untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung dan tampias air hujan. Atap rangka kayu itu ditopang oleh dua tiang berbahan kayu kelapa. Tiang ini tertanam di dalam birai yang mengelilingi teras. Birai merupakan ciri utama teras, yang membatasi dengan taman. Tingginya 70cm dan lenar 25cm. Sementara dindingnya berlapis baru palimanan. Corak batu palimanan membuat birai terkesan lebih alami. Birai ini juga dapat berfungsi sebagai tempat duduk atau tempat meletakkan pot tanaman. Di bagian bawah luar birai tertanam pohon irish.

    Sedangkan di kolam juga dikelilingi oleh beragam tanaman. Ada heliconia (heliconia sp), paku boston (nephrolephis exaltata), dan paku air (salvinia natans) sebagai peneduh. Terdapat sebuah bangku panjang tampak merapat ke salah satu sisi tembok. Di hadapan bangku itu terdapat meja kotak dan dua kursi. Suasananya adem dan nyaman, menjadikan upaya melepas lelah begitu menyenangkan. 

    Foto: iDEA/Tri

    Lokasi: Rumah Eko Taufik Wibowo, Bali View, Cirendeu, Tangerang


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News