• ??? ????
  • ??? ????
  • Arti Tendangan Janin

    Thu,06 December 2012 | 06:38

       

    Bagi ibu hamil, menanti kehadiran sang buah hati menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Bahkan setiap gerakan sang bayi yang masih di dalam perut pun, senantiasa membuat bunda bahagia. Lantas, apakah bunda sudah tahu fakta-fakta mengenai tendangan janin di dalam perut selama masa kehamilan? Yuk, kita simak pembahasan berikut.


    Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) idealnya ibu merasakan gerakan janin sedikitnya 10 gerakan dalam 2 jam.


    Pada umumnya gerakan ini dirasakan dalam kurun waktu yang lebih singkat. Namun perlu diingat, bahwa janin dalam kandungan pun tidur. Sehingga pada keadaan ini ibu tidak merasakan gerakan janin. Namun janin seharusnya tidak tidur lebih dari 4 jam.


    Kuat atau lemah gerakan janin


    Kuat atau lemahnya gerakan janin tergantung dari bagian janin mana yang bergerak dan persepsi ibu. Misalnya, gerakan bayi memutar atau tendangan kaki janin pada kehamilan cukup bulan akan dirasakan sebagai gerakan yang kuat oleh ibu.


    Sebaliknya gerakan tangan atau jari- jari akan dirasakan sebagai gerakan yang lemah oleh ibu. Lebih aktif malam hari. Pada umumnya janin bergerak lebih aktif pada malam hari sekitar jam 21.00- 01.00, yang dapat menyebabkan ibu terbangun dari tidur.


    Persepsi ibu mengenai kuat atau lemahnya gerakan janin tergantung dari kepekaan ibu dalam menilai gerakan janin, jumlah cairan ketuban atau tebalnya lemak. Air ketuban turut memengaruhi kuat lemahnya gerakan janin yang ibu rasakan.


    Apabila ibu memiliki jumlah air ketuban yang sedikit, gerakan janin akan dirasakan lebih kuat, sebaliknya apabila jumlah air ketuban banyak, ibu biasanya merasakan gerakan janin yang lebih jarang.


    Sebenarnya yang perlu diperhatikan bukan kuat atau lemahnya gerakan bayi, melainkan seberapa sering/frekuensi gerakan bayi. Jika janin menendang terus apakah pertanda ia akan tumbuh menjadi anak yang aktif?


    Gerakan janin memang menunjukkan perkembangan yang baik dari sistem saraf pusat dan sistem otot tulang selama di dalam kandungan. Gerakan janin dapat memprediksi aktivitas dan perilaku serta perkembangan mental dan motorik bayi setelah lahir. Namun, gerakan selama dalam kandungan tidak mengartikan apakah fungsi organ-organ bayi saat lahir sempurna. Gerakan janin tetap dirasakan oleh ibu, walaupun janin dengan kelainan anatomi organ atau kelainan genetika. (me)


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News