• ??? ????
  • ??? ????
  • Keajaiban Aloe Vera dan Minyak Avokad

    Wed,24 April 2013 | 07:48

       

    Salah satu dampak paling umum dari sinar matahari adalah penuaan dini. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang menemukan bahwa 90% dari penuaan dini disebabkan oleh sinar matahari.

    Bagi kita yang hidup di daerah tropis, angka tersebut sangat mengkhawatirkan. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari bereaksi dengan lapisan dermis kulit yang menyebabkan kolagen lebih cepat rusak daripada biasanya.

    Bila hal ini terus terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tubuh tak mampu lagi untuk memperbaiki kolagen. Akibatnya, serat kolagen jadi tidak terstruktur atau disebut dengan solar scar. Bila solar scar ini terus bermunculan, maka kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga timbul kerut.

    Bahan dasar alami yang penting itu antara lain adalah:

    1. Aloe vera (Aloe barbandensis). Pertama kali digunakan oleh Ratu Cleopatra untuk merawat kecantikan kulitnya. Aloe vera kini dikenal secara luas karena efek cooling-nya. Tanaman ini bersifat anti-inflamasi, yakni mampu meredakan panas di kulit akibat terbakar matahari. Di dalamnya terkandung banyak vitamin C dan E untuk melembapkan kulit, terutama saat dehidrasi dan membantu proses regenerasi sel kulit. Selain itu, juga kaya akan antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

    2. Minyak avokad (Persea gratissima). Avokad adalah buah yang kaya vitamin A, D dan E, potassium, dan sterolin yang dipercaya dapat mengurangi pigmentasi akibat sinar matahari. Minyak avokad juga kaya akan pelembap untuk melembutkan kulit dan membantu dalam proses regenerasi sel kulit baru dan membantu pembentukan kolagen dalam kulit, yang membuat kulit senantiasa kenyal. nbsp;

    Kedua kandungan ini bersinergi menenangkan kulit yang stres dan terbakar sinar matahari. Usai berpanas-panasan di bawah panas matahari, sangat penting untuk merawat kulit secara intensif. Bila kulit Anda terbakar, gunakan handuk yang dibasahi air untuk membilas tubuh.

    Hindari sabun dan produk yang beralkohol. Lanjutkan dengan mengoleskan lotion yang mengandung kedua bahan tersebut. Kulit yang terbakar terkadang bisa menyebabkan demam dan pusing. Berbaringlah sejenak di ruangan yang sejuk untuk mengembalikan suhu tubuh agar normal. Pusing biasanya disebabkan karena dehidrasi. Oleh sebab itu, minumlah banyak-banyak air putih untuk mengembalikan kadar air di dalam tubuh.

    Sebaiknya oleskan lotion yang terdapat kandungan aloe vera dan minyak avokad 20-30 menit sesudah berada di bawah panas matahari agar suhu kulit kembali normal, dan kerjanya optimal. Kendati berada di daerah pegunungan yang sejuk, after sun lotion tetap perlu dioleskan. (f)


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News