• ??? ????
  • ??? ????
  • FILOSOFI BATIK DIBALIK MOTIF SIDOMUKTI DAN TRUNTUM

    Sat,23 June 2012 | 15:22

       

    Untuk Perempuan Jawa  dahulu kain mempunyai nilai yang sangat penting dalam kehidupannya, mudah-mudahan sekarang masih ada yang menganggap demikian. Nampaknya para perempuan yang sudah tinggal dikota besar sudah tidak mengenal adat istiadat keluarga Jawa.


    Kain denga motif Sidomukti  sangatlah penting bagi awal kehidupan Perempuan dan Laki-laki  Jawa dalam mengarungi bahtera rumah tangga bersama. Dengan memakai kain SIDOMUKTI saat  menikah,  dahulu para pembatik ketika membuat batik diiringi doa dan puasa agar mereka yang  memakai kain Sidomukti saat  menikah, semoga saat berumah tangga memperoleh MUKTI, atau kebahagiaan yang sempurna, dilanggengkan kehidupannya dan dimudahkan rejekinya.


        

     


    Sementara itu kedua orangtua mempelai memakai kain bermotifkan TRUNTUM, kalau dilihat motif ini mirip dengan bintang, kadang juga digambarkan sebagai kuntum bunga melati,  motif ini mempunyai makna, walaupun putra putri mereka sudah menikah dan membangun keluarga sendiri, orangtua akan tetap mencintai dan menuntum mereka.


      


    Kedua motif BATIK tadi mempunyai beberapa variasi yang indah, bahkan berbeda daerah berbeda pula variasinya.

    Mudah-mudahan apabila dikenakannya benar (tidak terbalik motifnya) akan memberi berkah dan bermanfaat doanya (http://mbatikyuuuk.com)




    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News