• ??? ????
  • ??? ????
  • Ekonom: Kenaikan Bbm Bersubsidi Harus Dilakukan

    Fri,11 January 2013 | 19:26

       
    Tag

    BBM, Bensin, Pemerintah, BBM Bersubsidi

    Jakarta, 11/1 (ANTARA) - Pemerintah harus menaikkan harga BBM bersubsidi untuk mengantisipasi defisit neraca transaksi berjalan Indonesia yang bisa lebih parah pada 2013, kata Ekonom dari Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan.

    "Salah satu cara untuk menekan defisit neraca transaksi berjalan adalah dengan menaikkan harga BBM," kata Fauzi usai jumpa pers di Jakarta, Jumat.

    Menurut dia, batalnya pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi pada 2012 membuat impor BBM meningkat. "Ini membuat neraca perdagangan semakin memburuk," katanya.

    Pada periode tahun 2011, neraca transaksi berjalan tercatat surplus 1,7 miliar dolar AS, sementara pada 2012 merosot menjadi defisit 21,5 miliar dolar AS.

    Menurut dia, nilai defisit tidak perlu sebesar itu jika DPR memperbolehkan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi pada 2012.

    Dia menambahkan, keputusan pemerintah menunda kenaikan BBM bersubsidi itu membuat banyak terjadi penimbunan dan penyelundupan BBM karena besarnya selisih harga BBM dalam negeri dan luar negeri serta sebagian kalangan masyarakat yang sebelumnya menggunakan BBM nonsubsidi beralih ke BBM bersubsidi.

    "Karena dengan selisih harga BBM dalam negeri dan luar negri yang besar, otomatis banyak penimbunan, penyelundupan dan migrasi dari BBM non subsidi ke BBM bersubsidi," katanya.

    Dia berpendapat jika pemerintah menaikkan harga BBM tahun ini maka akan mengurangi nilai defisit neraca transaksi berjalan meskipun nilainya pasti masih akan negatif.

    "Tetap defisit, tapi defisitnya tidak akan sebesar tahun lalu, tahun lalu kan defisitnya luar biasa besar," katanya.

    Menurut dia tahun 2013 adalah saat yang tepat bagi pemerintah untuk menaikkan harga BBM subsidi karena pada 2014 akan berlangsung Pemilu sehingga partai politik tidak akan mau untuk mengambil keputusan yang berisiko menurunkan elektabilitas partainya.

    "Tahun ini pemerintah memiliki fleksibilitas legal yang besar dibanding tahun lalu untuk naikkan harga BBM," katanya.
    (T./A064
    (T.A064/B/R010/R010) 11-01-2013 19:10:49 NNNN

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News