• ??? ????
  • ??? ????
  • Ka Cianjur-sukabumi Enam Gerbong

    Fri,20 December 2013 | 18:44

       


    Cianjur, 20/12 (Antara)- PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan operasikan kereta api Daop II Bandung, jurusan Cianjur-Sukabumi, enam gerbong dengan jumlah penumpang lebih banyak dari KA Bisnis sebelumnya.

    Kepala Stasiun Cianjur, Dadang Hidayat, Jumat, mengatakan, KA Daop II Bandung yang dioperasikan di Cianjur-Sukabumi hanya diaktif persilangan atau satu jurusan.

    Dimana satu gerbong dapat menampung 106 orang, jauh lebih banyak dibandingkan dengan KA Bisnis yang sebelumnya pernah dioperasikan dari Cianjur-Padalarang dengan kapasitas dua gerbong.

    "Kereta ini satu jurusan, tidak persilangkan atau mengaktifkan dua kereta karena kalau persilangan tidak ada fasilitasnya," kata dia.

    Dia menjelaskan, KA Ekonomi AC telah dilakukan uji coba pada Kamis (19/12), untuk melihat kelayakan. Pengujian rangkaian KA dimulai dari Sukabumi menuju Cianjur dengan kecepat 40 kilometer per jam, dengan waktu tempuh 1 jam 56 menit.

    "Pada pengujian ini ditemukan diameter jalur (trek) belum sempurna jika menggunakan KA Ekonomi AC. Sebab trek hanya berukuran 33 milimeter, seharusnya 43 milimeter. Sehingga kereta api tidak dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 40 kilometer per jam," ucapnya.

    Namun hal tersebut, menurut dia, tidak perlu dikhawatirkan karena semua trek dalam keadaan baik dan layak untuk dipergunakan. Dalam melakukan uji coba, memang ditemukan beberapa kendalan dan terus dilakukan perbaikan hingga akhir Desember.

    "Sejauh ini perbaikan terus saja dilakukan, baik itu pada trek, sinyak dan pintu perlintasan. Dipastikan minggu pertama pada Januari, KA akan dioperasikan dari Cianjur-Sukabumi, sebagai transit menuju Bogor dengan menggunakan kereta Pangrango Sukabumi-Bogor," ujarnya.

    Sedangkan antusias warga dengan hadirnya KA Cianjur-Sukabumi, sangat tinggi dan telah ditunggu-tunggu pengguna jasa KA di Cianjur. Pasalnya warga mengaku sudah nyaman dan merasa aman menggunakan jasa angkutan KA karena bebas dari kemacetan serta tarif yang murah.(KR,FKR)


    (U.KR-FKR/C/Y. Ali/Y. Ali) 20-12-2013 18:30:44


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News