• ??? ????
  • ??? ????
  • Kerajinan Daur Ulang Sampah Diminati

    Thu,06 December 2012 | 10:15

       
    Tag

    daur ulang, sampah, kerajinan

    Medan, 6/12 (ANTARA) - Kerajinan tangan yang memanfaatkan bahan baku limbah rumah tangga (sampah), semakin diminati warga Medan dan sekitarnya, terutama bagi mereka yang memang menyukai karya seni unik dan menarik.


    Aradi (36) salah seorang perajin di Medan, Kamis mengatakan, banyak sisa-sisa hasil rumah tangga maupun barang-barang usang yang dapat dimanfaatkan menjadi barang berharga dan mendatangkan uang. 

     
    "Usaha yang saya tekuni saat ini, 80 persen bahannya merupakan limbah. Sekarang bagaimana proses kreativitas kita saja agar bisa mengolahnya menjadi produk yang berharga dan diminati masyarakat," ujar pemilik usaha "Kun Art" ini. 

     
    Beberapa produk limbah yang sering digunakan untuk produk hasil usahanya seperti pecahan keramik, pecahan kaca, batok kelapa, kayu manis, kulit telur, rotan, batu-batuan, ranting kayu mahoni, botol, kulit kerang dan lainnya. 

     
    Kulit kerang biasa didapat dari penjual kerang rebus, demikian pula dengan kulit telur yang diambil dari tukang mie, ranting kayu mahoni biasanya dari sisa potongan ranting pohon di jalan. 

     
    Sementara untuk pecahan keramik diperoleh dari sisa-sisa pembangunan rumah.
    Untuk bahan pendukung agar produk limbah itu bisa menjadi uang, digunakan cat, triplek kayu, lem kayu, pewarna sari dan finishingnya dilakukan dengan cara memakai melamin. 

     
    Dari bahan limbah tersebut, akhirnya bisa menghasilkan bahan yang berharga dan banyak dipakai sebagai pajangan di rumah, kantor ataupun sekolah seperti bingkai, cermin, pot bunga, kotak tisu, meja, kotak P3K, kotak kue dan pot bunga. 

     
    "Harganya bervariasi dari yang paling murah sampai yang mahal juga ada, tergantung produknya. Ketika awal merintis, memang belum banyak yang tahu dan cukup hanya untuk makan, tetapi sekarang saya bisa mendapatkan penghasilan Rp.8-10 juta /bulan.
    (T.KR-JRD/C/I006/I006) 06-12-2012 10:03:20 NNNN


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News