• ??? ????
  • ??? ????
  • Pemilu 2014

    Wed,27 November 2013 | 09:40

       

    HIDUPKATOLIK.com - Perhelatan politik akbar akan digelar tahun 2014. Pemilu Legislatif akan diadakan 9 April dan Pemilu Presiden 9 Juli 2014. Para uskup, dalam sidang tahunan 4-14 November 2013, mengisyaratkan akan merilis surat gembala menyambut Pemilu 2014. Temanya, kira-kira “Jadilah Pemilih Cerdas dengan Berpegang pada Hati Nurani”.

    Para uskup juga mengharapkan agar umat Katolik terlibat akif dalam Pemilu itu dan menjatuhkan pilihan kepada calon yang “memperhatikan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat”. Memang, kesejahteraan masyarakat atau bonum commune, menurut Ajaran Sosial Gereja, merupakan tujuan dari aksi berpolitik.

    Dalam Pemilu 2014, warganegara Indonesia harus memilih calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD I dan DPRD II, serta presiden – wakil presiden. Mereka harus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat itu. Kalau masyarakat tidak cerdas dalam memilih, bisa-bisa pilihan jatuh pada calon yang hanya memikirkan diri sendiri, pintar membangun pencitraan, atau bermain uang.

    Bagi umat Katolik, menurut arahan para uskup, kiranya jelas bahwa mereka harus memilih calon yang memperhatikan dan memperjuangkan kesejahteraan umum (bonum commune) itu. Penyadaran politik kiranya diperlukan untuk membantu dan memandu umat dalam mencoblos calon pemimpin untuk lima tahun ke depan.

    Sementara itu, di dalam daftar calon tetap (DCT) anggota DPR RI dan DPD RI, terdapat 200-an lebih calon yang beragama Katolik. Calon untuk tingkat DPRD I dan II pasti lebih banyak. Para caleg Katolik, selain harus berkomitmen untuk memperjuangkan kepentingan umum, mereka mesti tangkas bermain di lapangan politik. Mereka harus cerdas mendulang suara dari masyarakat umum, bukan sekadar berputar-putar di sekitar altar. Menurut pengalaman, para calon mendapat kemenangan dalam Pemilu karena mereka
    memang diterima oleh masyarakat umum, memiliki jaringan dengan penyelenggara dan peserta Pemilu, serta memperjuangkan kepentingan umum.

    Redaksi

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News