• ??? ????
  • ??? ????
  • Legio Mariae, Berawal Dari Irlandia

    Thu,17 October 2013 | 12:29

       
     

    HIDUPKATOLIK.com - Legio Mariae merupakan organisasi kerasulan awam Katolik yang didirikan seorang awam Katolik bernama Frank Duff di Dublin, Irlandia, 7 September 1921. Legio Mariae membantu pelayanan Gereja di bawah bimbingan hirarki. Tujuan organisasi ini, mengembangkan hidup rohani para anggotanya untuk semakin meluaskan Kerajaan Allah. Kini, Legio Mariae dapat ditemukan di hampir setiap negara di dunia dan memiliki sekitar tiga juta legioner aktif.

    Pada 1965, Paus Paulus VI mengundang Frank Duff untuk menghadiri Konsili
    Vatikan II sebagai pengamat awam. Pada 7 November 1980, Frank Duff wafat. Jenasahnya dimakamkan di Glasnevin, Dublin. Proses menjadikan Frank Duff dalam jajaran orang kudus mulai dibuka sejak Juli 1996.

    Organisasi Legio Mariae mengambil model Tentara Romawi, yang dimulai dari presidium sebagai unit yang terkecil. Presidium merupakan satuan kelompok
    terkecil, terdiri atas empat hingga dua puluh legioner, yang wajib bertemu setiap
    minggu. Kuria adalah tingkat berikutnya, Satu kuria mengawasi beberapa presidium. Satu tingkat di atas kuria, terdapat komisium yang bertanggungjawab atas beberapa kuria. Tingkat berikutnya disebut regia. Senatus berada satu tingkat di atas regia. Senatus bertugas mengontrol beberapa regia. Di atas senatus terdapat konsilium yang merupakan tingkat tertinggi, berkedudukan di Dublin, Irlandia.

    Di Indonesia, legioner berkarya di dua senatus: Senatus Malang dan Senatus
    Jakarta. Senatus Malang diresmikan 5 Juli 1964. Senatus Malang membawahi tiga Regia (Maumere, Kupang, dan Semarang), tiga Komisium (Surabaya, Manado dan Makassar), 10 Kuria, dan dua Pra-Kuria (Timika, Ambon). Legioner aktif Senatus Malang berjumlah 24.425 orang, sementara anggota auksilier diperkirakan berjumlah dua kali lipat legioner aktif.

    Senatus Jakarta diresmikan pada 29 Maret 1987. Senatus Jakarta mengasuh
    satu Regia (Keuskupan Agung Medan, Keuskupan Agung Palembang, Keuskupan Pangkal Pinang, Keuskupan Sibolga dan Keuskupan Padang), tujuh Komisium (empat Komisium berada di Keuskupan Agung Jakarta/KAJ, Keuskupan Bogor, Keuskupan Bandung, dan Provinsi Gerejawi Pontianak), 15 Kuria (10 Kuria di KAJ, dua Kuria di Keuskupan Tanjungkarang, satu Kuria di Keuskupan Agung Samarinda dan Keuskupan Tanjung Selor, Keuskupan Banjarmasin dan Palangkaraya). Jumlah legioner aktif di senatus ini pada akhir 2012 mencapai 9.142 orang dan anggota auksilier tercatat 7.531 orang.

    Legio Mariae memiliki simbol-simbol khusus. Gambar Legio Mariae yang terdapat dalam tessera, lembaran yang berisi doa-doa Legio Mariae. Tessera memiliki arti sebagai tanda pengenal dan tanda kenang-kenangan yang dibagikan kepada para legioner. Bagi Tentara Romawi, tessera merupakan papan segi empat yang bertuliskan kata sandi. Tessera juga menjadi tanda persatuan antar para legioner.

    Satu lagi simbol Legio Mariae adalah Veksilum Legionis, yang diambil dari panji-panji pasukan Romawi. Gambar Veksilum Legionis harus ada dalam surat resmi Legio Mariae. Veksilum Legionis ini juga harus diletakkan di atas meja saat rapat Legio Mariae. Veksilum Legionis ini memiliki hak cipta dan hanya boleh diproduksi dengan izin khusus dari Konsilium.

    A. Benny Sabdo

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News