• ??? ????
  • ??? ????
  • Bobol ATM Bermodus Stiker

    Thu,19 December 2013 | 11:44

       

    Kumpulkan Rp1 M dalam Setahun

    MAKASSAR, FAJAR -- Anggota sindikat pembobol anjungan tunai mandiri (ATM) di beberapa lokasi di Makassar, Randi Putra, tertangkap. Satuan khusus Intel Polsek Manggala menangkapnya di warung internet di Antang, Rabu, 18 Desember.

    Kepala Kepolisian Sektor Manggala, Kompol Untung mengatakan, Randi tertangkap sekira pukul 03.30 wita. Polisi masih mengejar anggota sindikat lainnya.

    "Dia (Randi, red) spesialis pembobolan ATM. Sudah puluhan ATM di sejumlah lokasi di Makassar dia bobol, termasuk ATM di SPBU depan Unhas, RS Wahidin dan terakhir ATM Mandiri di Pasar Segar, Antang," jelas Untung

    Sindikat ini juga merupakan pelaku pembobolan di sejumlah ATM di wilayah Manado, Palu dan Poso. Pengakuan pelaku menyebutkan, dalam setahun terakhir, telah mengumpulkan uang hingga Rp1 miliar lebih.

    "Sudah setahun saya lakukan ini. Saya sendiri sudah dapat ratusan juta rupiah kalau ditotal semua. Tapi habismi dipakai sembarang," beber Randi.

    Sindikat ini bekerja sangat rapi. Mereka berbagi tugas dan peran setiap kali beraksi. Pertama kali menempelkan sticker call center di badan mesin ATM.

    Setelah itu, memasang sebuah benda kecil tepat pada tempat masuknya kartu ATM, sehingga membuat kartu tertahan dan tidak bisa keluar lagi usai transaksi.

    Saat korban memasukkan kartu pada mesin ATM, kartu tersimpan di dalam. Pada saat korban sudah panik, anggota sindikat lainnya yang sudah stand by di lokasi berpura-pura membantu kemudian mengarahkan korban menghubungi nomor telepon yang tertera pada sticker yang mereka tempelkan sebelumnya.

    Setelah mengetahui nomor PIN korban, giliran Randi yang beraksi. Randi bertugas mencungkil penyimpanan kartu ATM, setelah itu, sindikat ini menguras isi rekening korban.

    Bersama pelaku, polisi juga menyita beberapa barang bukti berupa obeng yang digunakan pelaku saat beraksi. Polisi juga menyita uang dan beberapa kartu ATM. (m06/rif)

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News