• ??? ????
  • ??? ????
  • Kesyahbandaran Otorita Pelabuhan Dumai Sosialisasikan Pergantian Nama

    Fri,09 November 2012 | 13:39

       
     

    Dumai, 9/11 (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Operator Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Dumai, Riau, menyosialisasikan perubahan nama institusi ke seluruh penggiat pelabuhan di kota itu.

    Kegiatan sosialisasi, Jumat pagi dihadiri perwakilan perusahaan swasta yang memiliki dermaga, BUMD, agen pelayaran, Pengurus TKBM dan seluruh penggiat serta segenap pelaku usaha yang ada di Pelabuhan Dumai.

    Kepala KSOP setempat Mulder Mustafa mengatakan, dengan adanya perubahan dari sebelumnya Administrator Pelabuhan (Adpel) terjadi juga banyak pembaharuan dan pergeseran struktur organisasi.

    Selain itu, sejumlah tugas pokok fungsi (Tupoksi) terjadi penambahan dan pengurangan di semua lini pembidangan yang menjadi urusan instansi vertikal kepelabuhanan tersebut.

    "Ini merupakan sosialisasi pertama yang kami sampaikan kepada semua penggiat dan pelaku usaha yang berkepentingan di wilayah kerja pelabuhan," kata Yudhi.

    Sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman informasi kepada seluruh pihak untuk agar pelayanan terhadap seluruh aktivitas di pelabuhan tetap berjalan lancar dan tertib.

    Sebab, jelasnya, pergantian nama kantor tidak berpengaruh besar terhadap pelaksanaan tupoksi yang dijalankan dan regulasi peraturan perundangan yang berlaku bagi para penggiat pelabuhan.

    Pembentukan KSOP dimaksudkan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang keselamatan dan keamanan pelayaran, serta pengaturan, pengendalian dan pengawasan kegiatan kepelabuhanan.

    Beberapa pembidangan dan seksi mengalami pergantian nama, diantaranya, Bidang Kelaiklautan Kapal menjadi Bidang Status Hukum dan Sertifikasi, Bidang Gamat menjadi Bidang Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli.

    "Perubahan struktur organisasi KSOP berdasarkan ketentuan Permenhub nomor 36 tahun 2012 dan akan mulai diefektifkan mulai, Senin (12/11) pekan depan," ucapnya.

    Salah satu perubahan yang sangat mendasar dari KSOP ini, ialah menjadi otoritas kebijakan kepelabuhanan dengan PT Pelindo hanya berwenang sebagai operator di wilayah pelabuhan.

    (T.KR-AZK/B/M019/M019) 09-11-2012 13:28:08 NNNN

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News