• ??? ????
  • ??? ????
  • KONAWE UTARA AKAN JADI PUSAT INDUSTRI NIKEL

    Tue,12 June 2012 | 23:03

       
     

    Kendari, 12/6 (ANTARA) - Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, akan dikembangkan menjadi salah satu pusat industri nikel yang ada di daerah itu.

    Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam di Kendari, Selasa, mengatakan, potensi nikel di Konawe Utara dan letak geografis daerah itu mendukung untuk dijadikan pusat industri nikel.

    "Kita sudah membagi pengembangan sektor tertentu untuk beberapa daerah di Sultra, salah satunya adalah Kabupaten Konawe Utara untuk industri nikel," katanya.

    Ia mengatakan, pabrik baja akan dibangun di Konawe Utara sebagai langkah awal menjadikan daerah itu menjadi pusat industri nikel.

    "Sudah ada investor yang kan melakukan pembangunan pabrik baja (steel) dan mereka sudah menyatakan keseriusannya kepada pemerintah," katanya.

    Ia mengatakan, sudah saatnya kekayaan alam yang melimpah di daerah ini khususnya tambang nikel ini dinikmati oleh masyarakat, tetapi dengan cara harus membangun industri nikel.

    "Kita harus menghentikan yang namanya menjual Tanah Air ke luar negeri dalam bentuk biji (ore), karena sangat kecil keuntungan atau bagian untuk daerah atau negara hanya dapat royalti sekitar empat persen," katanya.

    Menurutnya, Sultra sangat kaya dengan potensi alam khususnya nikel, tetapi potensi itu belum bisa dinikmati oleh masyarakat karena tanah itu hanya dijual dalam bentuk bijih ke luar negeri, tetapi kalau hal itu bisa dibuat industri di daerah ini maka akan banyak membantu sendi kehidupan masyarakat.

    Tambang nikel menyebar di beberapa wilayah Sultra, yakni Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Bombana, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe Utara.

    (T.PSO-299)

    (T.pso-299/B/Z002/Z002) 12-06-2012 22:48:55 NNNN

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News