Pekerja PLN Tuntut Diangkat Jadi Karyawan Tetap

Thu,16 May 2013 | 11:56

   

KBR68H, Jakarta – Aksi unjuk rasa ribuan pekerja alih daya Perusahaan Listrik Negara PLN mendesak pengangkatan status mereka menjadi karyawan tetap.

Koordinator Lapangan Baris Silitonga mengatakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sudah berjanji akan mengangkat pekerja alih daya. Namun, janji itu tak kunjung dipenuhi PLN hingga kini.

“Kalau bisanya cuma ngomong doang, kata Iwan Fals, burung beo saja bisa ngomong. Kita maunya bukti, bukan janji. Kita ke sini menuntut janji Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan yang ngomong saat di DPR, “akan diatur”. Kalau BUMN alihdaya terus mengalir, besok polisi Indonesia akan dialihdayakan” ujar Koordinator Lapangan Baris Silitonga ketika berorasi dalam unjuk rasa ribuan pekerja alihdaya PLN di kantor pusat PLN, Jakarta selatan.

Koordinator Lapangan Baris Silitonga menambahkan, mereka menolak berunding jika tidak ada kepastian pengangkatan status tersebut.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat meminta Menteri BUMN Dahlan Iskan mengangkat pekerja alihdaya yang tidak sesuai dengan Undang-undang Tenaga Kerja. Dalam Undang-undang, perusahaan hanya membolehkan pekerja alihdaya untuk jasa pembersihan, keamanan, transportasi, katering, dan Jasa Migas Pertambangan. Namun, banyak perusahaan negara seperti PLN menggunakan tenaga alihdaya di luar sektor itu.

Editor: Antonius Eko 


Be Social with IYAA

1/300

Kirim Komentar

Coba bilang "IYAA~~~"