• ??? ????
  • ??? ????
  • Legislator Harapkan Anggota Kpps Pemilu Jaga Netralitas

    Wed,19 February 2014 | 14:12

       
     

    Oleh Heri Sidik

    Bantul, 19/2 (Antara) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara menjaga netralitas saat dalam pemungutan suara Pemilu pada April mendatang.

    "Untuk menghindari kerawanan jual beli suara dalam pelaksanaan Pemilu nanti, petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) harus netral dalam menjalankan tugasnya," kata Anggota Komisi A DPRD Bantul, Agus Effendi di Bantul, Rabu.

    Oleh sebab

    itu, kata dia Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu harus menjamin anggota jajaran ke bawah termasuk KPPS untuk menjaga netralitas demi terselenggaranya proses pemungutan suara yang jujur dan adil (jurdil).

    "Selain itu Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) juga terlibat dalam pengawasan, agar aturan yang telah diberlakukan bisa ditaati bersama, termasuk menindaklanjuti para peserta pemilu yang terlibat terhadap pelanggaran," kata Agus Effendi.

    Untuk menekankan netralitas anggota KPPS dalam Pemilu, kata dia KPU perlu memberikan semacam pelatihan ataupun bimbingan teknis (bimtek), dengan materi tata cara penghitungan surat suara, termasuk menyampaikan kode etik yang harus ditaati.

    "Kalau sebelumnya masih jarang ada pelatihan atau bimtek untuk KPPS, karena anggota dianggap sudah faham dalam tugasnya, namun untuk netralitas belum, makanya diharapkan mereka bisa saling menjaga kenetralan antara sesama anggota," katanya.

    Saat ditanya tingkat kerawanan jual beli suara di Bantul, pihaknya memang belum bisa memastikan, namun begitu diharapkan para penyelenggara pemilu maupun partai politik peserta pemilu dapat mengantisipasi agar proses demokrasi berjalan sesuai kehendak warga.

    "Panitia penyelenggara diharapkan bukan semata-mata mencari penghasilan, namun lebih pada penyelenggaraan pemilu yang jurdil, makanya kami mendukung semacam bimtek yang akan diberikan kepada anggota KPPS," katanya.

    KPPS dibentuk sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Bantul yang disiapkan sebanyak 2.295 tempat, dalam menjalankan tugasnya masing-masing anggota KPPS mendapatkan honor dari anggaran pemerintah.

    (T.KR-HRI/B/H.J. Cahyono/H.J. Cahyono) 19-02-2014 13:48:36

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News