• ??? ????
  • ??? ????
  • Pilgub Lampung Februari 2014 Terancam Batal

    Tue,24 December 2013 | 22:19

       
     

    Oleh Agus Wira Sukarta

    Bandarlampung, 24/12 (Antara) - Pemilihan Gubernur Lampung yang dijadwalkan pemungutan suaranya pada Februari 2014 terancam batal, mengingat anggaran yang diperlukan hingga kini belum disahkan.

    "RAPBD Lampung 2014 baru akan disahkan pada akhir Desember ini, itu pun baru sebatas kesepakatan antara DPRD dengan Pemerintah Provinsi Lampung," kata Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, di Bandarlampung, Selasa.

    Ia mengatakan bahwa prosesnya tidak berhenti sampai di situ, setelah RAPBD tahun 2014 disahkan menjadi APBD tahun 2014, proses selanjutnya adalah dikonsultasikan ke Mendagri.

    Selanjutnya, setelah disahkan, gubernur lalu membuat surat pengantar kepada Mendagri, untuk evaluasi APBD tersebut.

    Proses permohonan evaluasi itu, lanjutnya, memakan waktu, dan dokumen APBD-nya baru akan diserahkan ke Mendagri bulan Desember ini.

    Menurut Sjachroedin, sebelum diajukan ke Mendagri harus dirapatkan dulu, sementara dalam minggu ini sudah terpotong libur dua hari, yakni 25 dan 26 Desember.

    Setelah itu, ujar dia lagi, hanya mempunyai waktu satu hari pada tanggal 27 Desember untuk bisa dikirimkan, dan setelah itu terbentur lagi libur tahun baru.

    "Jadi paling tidak APBD itu minggu pertama Januari 2014 baru dapat dievaluasi oleh Mendagri," jelasnya.

    Gubernur Lampung itu menegaskan bahwa anggaran untuk pelaksanaan Pilgub Lampung mengalami perubahan, sehingga belum tentu berdasarkan evaluasi Mendagri langsung menyetujuinya.

    Bahkan menurutnya, anggaran pilgub bisa saja berkurang, dan proses itu tidak serta merta begitu diterima langsung dievaluasi.

    Setelah evaluasi oleh Mendagri selesai, lanjut dia lagi, baru anggarannya dapat dicairkan.

    Namun apabila pilgub akan digelar Februari 2014, menurut Gubernur Lampung itu, waktunya sangat mepet. Apalagi masih akan terbentur pada tahapan pilgub, seperti pemeriksaan kesehatan para cagub dan proses lainnya, katanya lagi.

    Komisi Pemilihan Umum Provinsi Lampung sebelumnya telah menjadwalkan pemungutan suara pilgub pada 2 Oktober 2013 dan kemudian dijadwalkan ulang pada 2 Desember 2013.

    KPU Lampung kemudian memutuskan mengubah lagi pemungutan suara pilgub akan digelar sebelum Pemilu 9 April 2014 yang dijadwalkan 27 Februari 2014.

    Budisantoso Budiman

    (T.A054/B/B. Budiman/B. Budiman) 24-12-2013 22:02:34

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News