• ??? ????
  • ??? ????
  • Kpu Karimun Sosialisasikan Contoh Surat Suara

    Tue,17 December 2013 | 18:31

       
     

    Oleh Rusdianto Syafruddin

    Karimun, Kepri, 17/12 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, akan menyosialisasikan contoh surat suara Pemilu 2014 yang telah divalidasi KPU pusat ke para pengurus partai politik daerah setempat.

    "Contoh surat tetap kami sosialisasikan agar diketahui partai politik, tapi pelaksanaannya setelah surat suara hasil validasi itu ditetapkan sebagai surat suara yang digunakan dalam Pemilu 2014," kata Komisioner KPU Karimun Eko Purwandoko di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

    Menurut Eko, penetapan surat suara yang telah divalidasi itu dilakukan di tingkat pusat antara KPU dengan partai politik, sedangkan KPU di daerah sebagai implementator dari surat suara yang telah ditetapkan oleh pusat.

    "Kalau sudah ditetapkan oleh KPU bersama partai politik tingkat pusat, baru kita undang pengurus partai politik untuk menyosialisasikannya, termasuk juga sosialisasi pelipatan suara dan yang lainnya," kata dia.

    Meski belum disosialisasikan secara resmi, Eko mengatakan bahwa dirinya sudah menyampaikan surat suara hasil validasi kepada beberapa pengurus partai politik meski ukurannya tidak sama dengan surat suara yang akan dicetak oleh KPU pusat.

    "Yang kita perlihatkan baru spesimen, ukurannya memang lebih kecil. Sedangkan ukuran sebenarnya disosialisasikan setelah penetapan di tingkat pusat," tuturnya.

    Ia menjelaskan, KPU pusat telah memvalidasi contoh surat suara memuat 345 calon legislatif (caleg) dari 12 partai politik pada pekan lalu.

    "Nama-nama caleg juga sudah diteliti dan divalidasi pusat untuk menghindari kesalahan penulisan ejaan nama maupun gelar," kata dia.

    Mengenai ukuran, kata dia lagi, tidak mengalami perbedaan untuk setiap daerah pemilihan, yaitu 42x52 centimeter.

    "Jumlah kolom mendatar empat dan ke bawah 3, sesuai jumlah partai sebanyak 12," jelasnya.

    Sedangkan, kolom caleg menurut dia hanya memuat nama dan nomor urut. "Surat surat tidak memuat foto caleg, tapi pemilih bisa melihat foto, nomor urut maupun nama caleg sesuai dengan surat suara di TPS saat mencoblos," tambahnya.

    (T.KR-RDT/B/A.J.S. Bie/A.J.S. Bie) 17-12-2013 18:10:16

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News