• ??? ????
  • ??? ????
  • Tujuh Petahana Dprd Palu Bertarung Dapil Ii

    Wed,28 August 2013 | 11:32

       
     

    Oleh Adha Nadjemuddin

    Palu, 27/8 (Antara) - Sebanyak tujuh petahana (incumbent) anggota DPRD Kota Palu, bertarung di daerah pemilihan II Kota Palu (Kecamatan Ulujadi - Palu Barat), sementara kursi yang diperebutkan pada Pemilu 2014 di daerah pemilihan itu hanya delapan kursi dari 12 partai politik peserta pemilu.

    "Waktu Pemilu 2009, sebelum daerah pemilihan diubah, ada sembilan kursi yang diperebutkan. Dari sembilan orang yang terpilih, sekarang tinggal tujuh yang bertarung kembali. Satu orang tidak mencalonkan lagi, sementara satu orang pindah daerah pemilihan," kata Muhlis Yabi, calon legislatif dari daerah pemilihan Kota Palu II di Palu, Rabu.

    Muhlis yang saat ini petahana kembali mencalonkan diri namun pindah partai karena partai yang sebelumnya ia nahkodai tidak lolos Pemilu 2014.

    Muhlis terpilih menjadi anggota DPRD periode 2019-2014 saat dirinya menjadi Ketua DPC Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRI) Kota Palu.

    Pada pemilu sebelumnya PPRN di daerah pemilihan Palu Barat meraih 1.600 kursi. Muhlis sendiri mendapat suara sekitar 850.

    Dia sendiri masih optimistis bisa meraih dukungan meski berada di nomor urut 7 karena Muhlis menganggap daerah pemilihannya itu sebagai basis pendukungnya khususnya di Kelurahan Silae dan Kampung Baru.

    Muhlis harus bertarung dengan enam petahana lainnya yakni Ronald (Demokrat), Sidik Ponulele (Golkar), Erfandi (Hanura), Ali Lamu (PKS), Danawira (PAN) dan Dahniar (PKPI, sebelumnya di PKPB).

    Dari enam petahana tersebut dua di antaranya pimpinan partai yakni Sidik Ponulele dan Danawira. Selain keduanya, juga terdapat mantan Ketua PKS Palu Ali Lamu dan Muhlis Yabi sendiri.

    Muhlis mengatakan dengan delapan kursi yang diperebutkan praktis ada empat partai politik yang siap-siap tidak mendapat kursi jika setiap partai hanya memperoleh satu kursi.

    "Kalau ada satu partai dapat dua kursi, berarti ada lima partai yang tidak dapat kursi," katanya.

    Pertarungan antarpetahana juga dibayang-bayangi oleh calon legislatif lainnya. Dari PKB, misalnya terdapat tokoh pemuda dan mantan aktivis lembaga swadaya masyarakat Jayadin Djuhaepa.

    Jayadin saat ini menjabat Sekretaris PKB Kota Palu, juga mengandalkan basis pemilih tradisional yang selama ini menjadi basis binaannya di lembaga swadaya masyarakat dan partai politik.

    (T.A055/B/R. Malaha/R. Malaha) 28-08-2013 11:13:50

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News