• ??? ????
  • ??? ????
  • Kpu Tetapkan Dct Sumut 1.178 Caleg

    Fri,23 August 2013 | 21:32

       
     

    Oleh Irwan Arfa

    Medan, 23/8 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara menetapkan daftar calon tetap sebanyak 1.178 calon anggota legislatif tingkat provinsi yang tersebar di 12 daerah pemilihan.

    Kabag Hukum dan Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Maruli Pasaribu di Medan, Jumat, mengatakan sebanyak 1.178 caleg itu akan "bertarung" dalam Pemilu 2014 untuk memperebutkan 100 kursi di DPRD Sumut.

    Jumlah DCT tersebut berkurang satu disebabkan ada parpol yang tidak mengajukan calon pengganti setelah bakal calegnya dinyatakan gugur.

    Bakal caleg yang dinyatakan tidak lolos tersebut atas nama Hadirat Manao dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang diketahui pernah menerima hukuman pidana dari pengaduan masyarakat.

    Namun, PAN sedang mengupayakan untuk meloloskan bakal caleg tersebut melalui proses hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan mengadukan masalahnya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

    KPU Sumut masih menunggu penyelesaian sengketa Pemilu yang ditempuh parpol yang mengajukan keberatan atas DCT yang diumumkan tersebut.

    Jika sengketa Pemilu tersebut tidak selesai di tingkat Bawaslu dan PTUN, prosesnya dapat dilanjutkan hingga ke tingkat Mahkamah Agung (MA).

    "Putusan MA itu adalah final dan bersifat mengikat yang harus dipatuhi KPU," katanya.

    Jika seluruh proses hukum sengketa Pemilu tersebut telah selesai, KPU Sumut akan melakukan persiapan logistik Pemilu dan pembentukan badan-badan penyelenggara.

    (T.I023/B/N. Yuliastuti/N. Yuliastuti) 23-08-2013 21:22:08

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News