• ??? ????
  • ??? ????
  • 446 Caleg Perebutkan 40 Kursi Dprd Manado

    Fri,23 August 2013 | 14:57

       
     

    Oleh Joyce Bukarakombang

    Manado, 23/8 (Antara) - Sebanyak 446 orang calon anggota legislatif akan memperebutkan 40 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Manado pada Pemilu 2014.

    "Sebanyak 446 orang caleg tersebut berasal dari 12 partai politik peserta pemilu di lima daerah pemilihan," kata Humas KPU Manado Amrain Razak, di Manado, Jumat.

    Amrain mengatakan, dari 12 partai politik peserta pemilu, ada yang jumlah caleg hanya 24 orang yakni Partai Kebangkitan Bangsa, dan menjadi partai dengan caleg paling sedikit.

    "Yang memenuhi kuota 40 orang caleg hanya tujuh partai, kemudian Partai Keadilan Sejahtera sebanyak 31 orang dan Bulan Bintang 33 orang. Dua partai lainnya yakni Hanura dan PPP sebanyak 39 orang," katanya.

    Amrain menyebutkan, yang memenuhi kuota 40 orang caleg atau 100 persen dari jumlah kursi di DPRD Manado adalah Partai Nasdem, PDIP, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKPI.

    Dikatakannya, penetapan DCT oleh KPU Manado tersebut didasarkan pada Daftar Calon Sementara Hasil Perbaikan (DCHSP), dimana terjadi dua perubahan pada DCS terkait adanya usulan perubahan dari parpol.

    "Perubahan itu terjadi pada Partai Gerindra di Daerah Pemilihan (Dapil) Manado III yakni nomor sembilan Diana Supit digantikan oleh Novita Riangkamang, serta pada Partai Demokrat di Dapil V yakni Ferdinand Lambey digantikan oleh Johanes Ferdinand George," katanya.

    Ia mengatakan pergantian tersebut dibolehkan untuk Gerindra karena merupakan caleg perempuan sehingga harus ada, dan untuk Partai Demokrat terkait yang bersangkutan meninggal dunia dan harus diganti.

    Menurutnya, seluruh penetapan sudah berjalan sebagaimana mestinya karena telah mengacu pada aturan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan diterima oleh parpol peserta pemilu.

    Penetapan tersebut ditandatangani oleh ketua KPU Manado Jean Christiane Maengkom, bersama anggotanya Amrain Razak, Derby Taroreh, Marthen Tombeg, dan Jusuf Wowor.

    (T.KR-JHB/B/E.K. Sinoel/E.K. Sinoel) 23-08-2013 14:40:13

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News