• ??? ????
  • ??? ????
  • Jumlah Tps Pemilu 2014 Di Payakumbuh Berkurang

    Wed,21 August 2013 | 13:18

       
     

    Oleh Hamriadi

    Payakumbuh, Sumbar, 21/8(ANTARA) - Jumlah tempat pemungutan suara Pemilu 2014 di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, berkurang satu dari sebelumnya 226 tempat pemungutan suara.

    Komisioner KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal saat dihubungi, Rabu mengatakan, pengurangan terjadi di Kelurahan Labuah Basilang Kecamatan Payakumbuh Barat.

    "Pertimbangannya, secara proporsional, jumlah pemilih di kelurahan itu cukup ditampung tiga TPS saja. Karena itu sesuai kesepakatan dan aturan perundang-undangan yang berlaku maka dikurangi satu TPS," kata Haidi Mursal.

    Menurut Haidi, penentuan jumlah TPS dilakukan berdasarkan data mentah(AO) KPU. Berdasarkan data itu, di Kelurahan Labuah Basilang dibutuhkan empat TPS.

    Dalam proses pemutakhiran data menjadi DPS jumlah pemilih di Kelurahan Labuah Basilang tercatat 1.405 pemilih. Namun dalam DPS Hasil Perubahan banyak ditemukan persoalan pemilih ganda, pemilih yang telah meninggal dunia dan sejumlah persoalan lain yang mengakibatkan DPSHP Kelurahan labuah Basilang berkurang dari DPS menjadi 1.338 pemilih.

    Berdasarkan data itu, pemilih di TPS IV kelurahan tersebut tinggal lebih kurang 200 orang. Padahal sesuai aturan, jumlah maksimal satu TPS adalah di bawah 500 orang.

    Dengan menggabungkan 200 pemilih di TPS IV ke tiga TPS lain, jumlah maksimal 500 pemilih dalam satu TPS belum terlewati.

    "Kita menilai TPS IV belum diperlukan dan pemilih di TPS itu digabung ke TPS lain. Karena itu, Jumlah TPS di Kelurahan Labuah Basilang pada Pemilu Legislatif 2014 menjadi tiga TPS," kata Haidi.

    (T.KR-HMR/B/B.S. Hadi/B.S. Hadi) 21-08-2013 13:06:23

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News