Tjahjo Kumolo Bakal Gantikan Kiemas?

Fri,14 June 2013 | 01:58

   

WASPADA ONLINE

JAKARTA - Nama Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo disebut-sebut bakal menjadi Ketua MPR menggantikan almarhum Taufik Kiemas.

Tjahjo memiliki kans yang besar. Apalagi, Tjahjo telah membuktikan pengabdiannya terhadap partai.

"Pertama, dari PDIP karena Pak TK dari PDIP. Kedua, memiliki tekad yang kuat untuk terus menyosialisasikn Empat Pilar. Ketiga, dari segi usia dan pengabdian di PDIP cukup senior. Keempat, memiliki pergaulan luas di kalangan elit politik Indonesia karena salah satu peran MPR adalah menjadi jembatan bagi DPR dan DPD serta berbagai partai yang ada," jelas Direktur Indobarometer, M.Qodari, Jakarta, tadi malam.

Dari ciri-ciri itu, muncul sejummlah nama. Memang, beberapa nama layak menggantikan Taufiq Kieamas.

"Di sini yang potensial antara lain Tjahjo Kumolo, Sidarto Danusubroto, serta Pramono Anung. Tapi tentu kata kuncinya di Bu Mega sebagai tokoh sentral di PDIP," jelasnya.

Namun, lanjut Qodari, perlu dilihat juga dari pengalaman dan jabatan. Sidarto tidak terlalu eksis dipublik. Sehingga kecil kemungkinan.

Lalu, Pramono Anung. Pramono sebenarnya cukup ideal. Namun, Pramono tersandung jabatan. Dia sekarang masih menjadi Wakil Ketua DPR.

"Mengacu pada jabatan saat ini, mungkin Mas Tjahjo yang paling pas karena Mas Pram sudah mengemban tugas sebagai wakil ketua DPR," tegasnya.
(dat16/inilah)

Be Social with IYAA

1/300

Kirim Komentar

Coba bilang "IYAA~~~"