Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior Berkunjung ke Indonesia

Tue,07 May 2013 | 17:55

   

KBR68H, Jakarta - Kapal terbaru Greenpeace, Rainbow Warrior, akan mengunjungi Indonesia bulan ini. Kapal unik ini adalah salah satu kapal laut paling ramah lingkungan yang pernah dibuat di dunia. Rainbow Warrior akan mengadakan perjalanan di Indonesia dengan thema “100% Indonesia, Bersama Melindungi Hutan dan Laut Kita.” Kapal akan berlayar dari Papua ke Jakarta pada 9 Mei hingga 10 Juni.
 
“Rainbow Warrior telah menjadi jiwa dan hati kampanye global Greenpeace selama 30 tahun lebih. Ia telah diserang, ditabrak, ditembaki dan dibom, tetapi semangat Rainbow Warrior tetap kuat seperti sejak dulu.” ujar Longgena Ginting, Kepala Greenpeace Indonesia, dalam keterangan pers yang diterima PortalKBR.com.

“Indonesia adalah rumah bagi salah satu laut terkaya dan hutan paling alami di dunia. Tahun ini, Rainbow Warrior III akan mengadakan perjalanan untuk bercerita kepada dunia mengenai kekayaan alam Indonesia, dan pentingnya melindungi warisan alam ini,” imbuhnya.
 
Kapal ini adalah reinkarnasi ketiga dari kapal legendaris. Rainbow Warrior pertama berlayar pada 1978 sebelum dibom oleh Pemerintah Prancis pada 1985 saat akan melangsungkan protes percobaan nuklir Prancis di Pasifik. Rainbow Warrior kedua mulai berlayar pada 1989 dan berkampanye mencegah perusakan lingkungan selama 22 tahun di seluruh belahan bumi.
 
Rainbow Warrior kedua ini sudah tiga kali mengunjungi Indonesia. Kunjungan pertama pada Januari 2004 saat Konvensi Keanekaragaman Hayati PBB. Pada 2005, Rainbow Warrior membantu organisasi pertolongan medis Medecins Sans Frontieres (MSF) menyalurkan bantuan di wilayah Indonesia yang terkena dampak tsunami.
 
Pada Desember 2007, kapal ini melakukan pelayaran formasi (flotilla) bersama ratusan kapal nelayan setempat di Bali untuk mempromosikan perlindungan hutan saat Konvensi Iklim PBB (UNFCCC) ke-13. Pada 2010 Rainbow Warrior bermaksud kembali datang ke indonesia dalam rangka tur “Turn The Tide Asia Tenggara” tetapi ditolak masuk ke perairan Indonesia.
 
Rainbow Warrior baru, diluncurkan Oktober 2011, adalah kapal pertama yang didesain dan dibuat secara khusus untuk Greenpeace. Ia adalah salah satu kapal paling ramah lingkungan yang pernah ada di dunia, dan dirancang khusus untuk berfungsi sebagai kendaraan kampanye lingkungan. Kapal ini didanai oleh individu-individu pendukung Greenpeace di seluruh dunia, sekitar 50.000 orang diantaranya dari Indonesia.
 
Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menerima undangan untuk mengunjungi kapal terbaru Greenpeace ini. Dalam pertemuannya dengan Eksekutif Direktur Greenpeace International Kumi Naidoo, di Jakarta 7 Juni 2012, Presiden SBY berkata akan menyambut Rainbow Warrior untuk datang dan menerima undangan Kumi untuk berkunjung ke kapal itu.
 
“Kapal Greenpeace ini adalah aset unik dalam upaya penyelamatan planet bumi dan melindungi kepentingan umat manusia. Kapal kami berada di garis depan kampanye Greenpeace, kerap berlayar ke tempat terpencil untuk menjadi saksi langsung serta melakukan aksi menghentikan perusakan lingkungan. Tahun ini, Rainbow Warrior berada di sini untuk meluncurkan kampanye baru laut Greenpeace Indonesia dan juga mendukung komitmen Presiden SBY untuk melindungi hutan Indonesia dan menurunkan emisi gas rumah kaca Indonesia hingga 26 persen pada 2020,” pungkas Longgena.


Be Social with IYAA

1/300

Kirim Komentar

Coba bilang "IYAA~~~"