Indonesia Miliki Perum Navigasi Penerbangan

Tue,08 January 2013 | 19:44

   
 

KBR68H, Jakarta - Perum Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI) akan mulai beroperasi pada 16 Januari mendatang. Badan ini dibentuk atas lahirnya Undang-Undang tentang Penerbangan. Undang-undang itu mewajibkan Pemerintah membentuk perum untuk keselamatan penerbangan dalam penyelenggaraan pelayanan navigasi penerbangan. Direktur Jenderal Kementerian Perhubungan Udara, Herry Bakti mengatakan, perum Navigasi akan dipimpin Ichwanul Idrus yang saat ini menjabat Direktur Navigasi Penerbangan di Kementerian Perhubungan.

"(Skema penyatuan aset nya itu memang sudah selesai sekarang ini? ) Aset belum. Nanti kan harus ada PP lagi untuk aset. Tapi memang direksi baru sudah mulai bekerja untuk itu. Sebetulnya tim nya sudah bekerja tapi kan harus ada PP nya. Sekarang ini kita sedang bangun kantor. Tahun ini baru selesai mungkin pertengahan tahun,"jelasnya.

Sebelumnya layanan navigasi penerbangan dilakukan oleh tiga badan yakni Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, dan Unit Pelaksana Teknis Departemen Perhubungan. Namun berdasarkan amanat Peraturan Pemerintah, layanan navigasi harus dilakukan oleh satu lembaga. Pembentukan Perum ini awalnya dipicu oleh kecelakaan Sukhoi SuperJet 100 yang jatuh di Gunung Salak, Jawa Barat pada Mei tahun lalu.



Be Social with IYAA

1/300

Kirim Komentar

Coba bilang "IYAA~~~"