• ??? ????
  • ??? ????
  • IBL: PEMDA HARUS JEMBATANI PROGRAM CSR PERUSAHAAN

    Fri,10 August 2012 | 21:47

       
     

    Jakarta, 10/8 (ANTARA) - Direktur Eksekutif Indonesian Bussiness Link (IBL) mengatakan pemerintah daerah harus menjembatani program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat (CSR) supaya tepat sasaran, kata Direktur Eksekutif Indonesian Bussiness Link (IBL)Yanti Triwadianti.

    "Pemda dalam posisi menjembatani dan memfasilitasi agar kegiatan tepat sasaran. Mereka bisa memberitahukan daerah mana yang perlu dibantu," ujar Direktur Yanti Triwadianti kepada pers, di Jakarta, Jumat.

    Menurut Yanti, perusahaan perlu memberitahukan kegiatan CSR mereka kepada pemda untuk menghindari kesenjangan komunikasi dan tumpang tindih di lapangan.

    Ia menyayangkan apabila terjadi tumpang tindih dan kesenjangan komunikasi antara pemda dan perusahaan, karena akan mengakibatkan ada sumber daya yang terbuang.

    Sebetulnya, menurut Yanti, pemda akan merasa senang dan terbantu apabila ada perusahaan yang berupaya meringankan beban mereka dalam memakmurkan masyarakat.

    Kemudian Yanti juga menyoroti adanya perbedaan harapan antara masyarakat dengan penerapan program CSR perusahaan yang kerap menjadi hambatan kecil.

    "Hambatannya seringkali perbedaan harapan, masyarakat mengharapkannya cenderung uang padahal perusahaan tidak selalu memberikan tanggung jawab sosial dalam bentuk itu," kata dia.

    Hal itu, kata Yanti, disebabkan oleh pemahaman masyarakat terkait tanggung jawab sosial dan lingkungan dari perusahaan masih terbatas.

    Yanti menyebutkan kebanyakan masyarakat akan menyambut baik program CSR yang menyangkut kepentingan dan manfaat bagi mereka, terutama terkait dengan peningkatan pendapatan.

    "Biasanya yang terkait dengan peningkatan pendapatan, seperti program-program ekonomi dan pengembangan UKM, namun mereka juga menyambut baik kegiatan seputar kesehatan dan pendidikan," kata Yanti.

    Oleh karena itu, Yanti menekankan pentingnya kesadaran perusahaan bahwa mereka tidak sekadar menggali keuntungan dalam berbisnis, namun ada tanggung jawab sosial dan lingkungan terhadap masyarakat yang perlu dilakukan.

    "Mereka juga perlu memastikan produknya memberikan kebaikan bagi masyarakat dan tidak merusak lingkungan, harus seimbang," ujar dia. (T.SDP-51) (T.SDP-51/B/A025/A025) 10-08-2012 21:29:17 NNNN

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News