• ??? ????
  • ??? ????
  • PENDUDUK DIAJAK KURANGI DAMPAK NEGATIF SAMPAH

    Fri,13 July 2012 | 20:01

       
     

    Banda Aceh, 13/7 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan akibat tumpukan sampah rumah tangga.

    "Masyarakat bisa ikut mengurangi dampak negatif dari sampah yang dihasilkannya dengan memisahkan sampah organik dan non-organik mulai dari rumahnya masing-masing," kata Sekdakab Aceh Tangah Taufik di Takengon, Jumat.

    Melalui Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah Windi Darsa pada sosialisasi pemanfaatan sampah rumah tangga, Taufik menyatakan, salah satu masalah lingkungan hidup saat ini adalah terkait dengan banyaknya sampah rumahtangga yang menumpuk.

    "Sampah dihasilkan oleh masyarakat akan terus bertambah seiring padatnya penduduk di sebuah kota, termasuk di Aceh Tengah," kata dia menjelaskan.

    Namun, katanya, akan menjadi masalah jika rendahnya kesadaran sebagian masyarakat dalam pengelolaan sampah agar dapat bermanfaat. Dan pengelolaan dan pemisahan sampah merupakan tanggung jawab individu dan keluarga dalam masyarakat.

    Sebab, jika sampah tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan pencemaran dan akhirnya mengurangi keasrian lingkungan serta mengganggu kesehatan masyarakat.

    "Rumahtangga merupakan salah satu hulu produksi sampah, sehingga agar lingkungan terjamin kebersihannya, maka perlu tindakan pencegahan dalam pengelolaan yang harus dimulai dari rumahtangga," kata Sekdakab Aceh Tengah.

    Salah satu cara menjadikan sampah agar bermanfaat, Taufik mengatakan bisa dilakukan dengan menjadikannya sebagai kompos. Proses pengomposan berfungsi untuk meminimalisasi efek negatif yang ditimbulkan sampah dengan membuatnya menjadi lebih bermanfaat secara ekologis maupun finansial.

    Oleh karena itu, ia meminta instansi terkait agar secara berkelanjutan melakukan sosialisasi sehingga dapat menambah pengetahuan dan menggugah keinginan bersama untuk menjaga lingkungan sekitar, terutama mengenai penanggulangan dan pengelolaan sampah rumahtangga.

    "Penanggulangan sampah adalah tanggung jawab bersama, kesadaran masyarakat akan sangat berpengaruh dalam pengelolaan sampah, dan hal tersebut akan lebih mudah untuk dilakukan bila dimulai dari rumahtangga," kata Taufik.

    (T.A042/B/S023/S023) 13-07-2012 19:49:22 NNNN

    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News