• ??? ????
  • ??? ????
  • Raja Qatar Serahkan Takhta

    Wed,26 June 2013 | 11:53

       

    DOHA,FAJAR – Kabar mengejutkan datang dari negeri kecil namun berpengaruh di Teluk Persia, Qatar. Raja atau emir negara kaya minyak tersebut, Syekh Hamad bin Khalifa Al Thani, 61, menyerahkan kekuasaannya kepada sang putra, Syekh Tamim bin Hamad Al Thani, 33.


    Keputusan Syekh Hamad untuk menyerahkan kekuasaannya itu merupakan yang pertama dalam sejarah Arab modern. Biasanya, para pemimpin Teluk berkuasa selama puluhan tahun sampai meninggal atau dijatuhkan melalui revolusi seperti yang terjadi dalam Arab Spring di Tunisia, Mesir, dan Libya. Syekh Hamad berkuasa sejak 1995 dengan menjatuhkan kekuasaan ayahnya, Khalifa bin Hamad Al Thani, melalui kudeta tak berdarah.



    Syekh Hamad mengumumkan penyerahan kekuasaan tersebut melalui siaran televisi kemarin, yang menjadi hari libur nasional di negara berpenduduk 1,7 juta jiwa tersebut. ’’Ini semua demi kepentingan negara. Sudah saatnya memulai halaman baru sejarah ketika generasi baru mengambil alih kekuasaan dengan kehebatan dan ide-ide luar biasa yang mereka miliki,’’ ungkapnya.



    Dengan penyerahan kekuasaan tersebut, Tamim bin Hamad Al Thani menjadi raja termuda di wilayah Teluk saat ini. (CNN/AP/cak/c5/dos)



    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News