• ??? ????
  • ??? ????
  • Korea Utara Tampak Siapkan Uji Nuklir Ke Empat

    Mon,08 April 2013 | 20:30

       

    Seoul, 8/4 (Antara/Reuters) - Kegiatan di Korea Utara tampaknya menunjukkan sedang mempersiapkan uji coba nuklir ke empat, dengan adanya gerakan di situs uji coba bom atom mirip dengan peristiwa menjelang ledakan sebelumnya, sebuah surat kabar memberitakan Senin.

    Mengutip pernyataan pejabat senior pemerintah Korea Selatan, surat kabar itu mengatakan, Korea Utara telah meningkatkan peringatan dalam beberapa pekan terakhir, dan menyatakan mereka telah memasuki keadaan perang dengan Seoul, mengancam untuk menyerang sasaran AS dan memblokir akses ke satu kompleks pabrik kerja sama patungan di perbatasan dengan Selatan.

    "Ada gerakan aktif tenaga kerja dan kendaraan baru-baru ini di terowongan selatan di Punggye-ri," kata surat kabar Korea Selatan, JoongAng Ilbo mengutip seorang pejabat pemerintah yang tidak disebutkan namanya. Pejabat itu mengacu pada situs uji coba nuklir Korea Utara.

    "Kami memantau karena situasi mirip dengan perilaku yang terlihat sebelum uji coba nuklir ketiga," kata pejabat itu seperti dikutip.

    Tidak jelas, kata pejabat itu kepada surat kabar tersebut, apakah kegiatan itu dimaksudkan untuk menyesatkan pihak mata-mata AS.

    Pada 12 Februari uji coba nuklir Korea Utara menuntut sanksi PBB lebih keras dan memicu tanggapan keras pula dari Pyongyang. Menteri pertahanan Korea Selatan mengatakan kepada para anggota parlemen pada Februari, setelah uji coba nuklir ketiga, bahwa tes berikutnya mungkin saja terjadi.

    Gerakan-gerakan Pyongyang tampaknya ke arah tempat peluncuran peluru kendali jarak menengah Musudan di pantai timur, menurut laporan-laporan media pekan lalu.
    (Uu.H-AK/ (Uu.SYS/C/A. Krisna/C/S. Suryatie) 08-04-2013 09:51:29 NNNN


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News