• ??? ????
  • ??? ????
  • 10 Jawaban Misteri Hilangnya Malaysia Airlines MH370

    Wed,12 March 2014 | 15:08

       

    IYAA.com - Banyak isu misterius berseliweran berkaitan dengan hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang dikabarkan hilang di sekitar Laut Vietnam. Beberapa percaya bahwa pesawat tersebut hilang karena ulah pembajak, disembunyikan oleh Angkatan Udara Vietnam, ataukah memang kesalahan para pilotnya?

    Pertanyaan lainnya juga bermunculan terkait keberadaan pesawat tersebut. Beberapa yakin semua penumpang pesawat tersebut masih hidup karena beberapa ponsel penumpang masih dapat dihubungi, tetapi jika ponsel saja dapat dihubungi, kenapa jejak kotak hitam tidak dapat terdeteksi?

    Daily Mail baru saja melansir beberapa jawaban terkait pertanyaan-pertanyaan membingungkan tersebut. Berikut jawaban-jawaban yng menentang kemungkinan-kemungkinan tersebut:

    1. Bagaimana bisa anggota keluarga korban percaya bahwa ponsel korban masih bisa terhubung?

    Jika ponsel mereka masih bisa dihubungi, itu berarti korban berada di area yang masih terjangkau sinyal. Jika benar begitu, bagaimana bisa tidak ada satu pun warga sipil yang melapor menemukan adanya kecelakaan pesawat atau pendaratan darurat.

    Lagipula ini tidak mungkin terjadi, karena kemungkinan besarnya ponsel mereka akan kehilangan banyak daya sehingga butuh untuk diisi ulang. Tapi di daerah antah berantah, hal itu sulit dilakukan. Maka yang pasti terjadi adalah, keluarga korban hanya akn terhubung pada voicemail.

    2. Ada teori yang mengatakan bahwa pesawat tersebut disembunyikan di lokasi tertentu oleh Angkatan Perang Vietnam.

    Pesawat Boeing 777 adalah pesawat berukuran besar, sepanjang 242 kaki, dengan ukuran sayap sepanjang 200 kaki. Sulit untuk menyembunyikan pesawat sepanjang itu.

    "Kau tidak bisa meletakan pesawat begitu saja di tengah hutan" papar Robin Durie kepada Daily Mail

    3. Kenapa 'kotak hitam'-nya tidak mengungkap letak pesawat tersebut?

    Kotak hitam, atau penyimpan data penerbangan, menyimpan banyak data tentang penerbangan, termasuk percakapan antara pilot. Kotak tersebut hampir tidak mudah rusak dan anti terhadap panas. Tetapi setelah pesawat mengalami kerusakan, KOtak hitam hanya mampu menyampaikan transmisi maksimal berjarak 2000 sampai 3000 yard, dan bahkan jaraknya berkurang bila ia berada di dalam air.

    4. Mengapa tidak ada puing-puing atau bangkai pesawat yang dapat ditemukan? Rasanya janggal pesawat sebesar itu bisa hilang tanpa jejak.

    "Aku juga merasa aneh" unkap Mr. Durie kepada Daily Mail. "Pesawat tidak hanya dibuat dengan besi tapi ada banyak bagian lainnya, seperti bangku dan bagasi, yang dapat mengapung."

    Meski begitu, ia mengambil contoh pada rusaknya pesawat Helios Airways 522 yang tetap melayang selama tiga jam di udara hingga semua penumpang meninggal karena kehabisan oksigen, pesawat tersebut akhirnya jatuh di sekitar Athena.

    Mungkin saja setelah beberapa jam kehabisan bahan bakar, MH370 jatuh beberapa mil jauhnya dari lokasi terakhir ia terdeteksi.

    5. Adakah area yang memungkinkan sebuah pesawat "meleset" dari radar?

    Banyak. Traktat di Afrika, pedalaman Rusia, hutan di Malaysia.

    6. Kenapa tidak ada perubahan sinyal terdeteksi?

    "Jika terjadi suatu bencana, maka hal pertama yang dilakukan oleh pilot adalah mengganti kode transpondernya" jelas Mr. Durie. "Jika kau menggantinya dengan kode 7500, itu berarti sedang dibajak yanga kan menyalakan lampu merah di pusat kontrol yang akan langsung ditanggapi dengan cepat"

    Jika terjadi malfungsi, maka kode berubah menjadi 7600, dan dalam situasi mayday kodenya 7700. Kode tersebut dapat diganti secepat kita mengganti pin atm kita.

    "Melihat kenyataan bahwa kode tersebut sama sekali tidak berubah maka apapun itu yang terjadi, terjadi sangat cepat" ucap Mr Durie. "Ini mungkin berarti ledakan".

    7. Pilot dari maskapai lain mengaku sempat melakukan kontak dengan MH370 secara singkat sebelum menghilang - tapi yang ia dengar hanya gumaman

    "Semua pilot memiliki frekuensi yang biasa kita gunakan untuk berbincang," ungkap Mr. Durie. "Sering ini menimbulkan traffic, saat kru sedang asik berbincang. Secara teknis ini ilegal, tetapi praktek ini digunakan secara luas oleh para pilot dengan frekuensi yang mudah diingat, 123.45"

    Jika seorang pilot mendengar gumaman, mungkin saja itu berasal dari perbincangan dari pilot lainnya dalam frekuensi yang sama dan bisa jadi itu berasal dari MH370.

    "Aku beranggapan gumaman tersebut berasal dari pilot yang sedang sekarat karena kekurangan oksigen" ucap Mr Durie, "yang mungkin saja sesaat setelah pesawat mengalami ledakan, dengan kondisi jendela lepas atau sebuah lubang besar terbuka"

    8. Apakah mungkin orang tak dikenal atau penumpang gila dapat mengambil alih kendali dan menyebabkan bencana?

    Pintu menuju kokpit terkunci dan hanya bisa dibuka dari dalam. Tetapi, pesawat berukuran besar membawa kapak di lokasi yang dirahasiakan. Orang yang tahu bisa saja menemukannya meski tidak mungkin mereka mengambilnya tanpa sepengetahuan kru kabin

    9. Mungkinkan pilot membajak kapalnya sendiri dan menghancurkannya?

    Pernah ada Pilot yang diketahui membajak pesawatnya sendiri. Satu contoh Penerbangan Egypt AIr 990 menuju Atlantic pada tahun 1999, yang ternyata ingin melakukan aksi bunuh diri.

    "Pilot dapat merubah transponder dan membuat pesawatnya tak terlacak oleh Pusat Kendali" Ucap Mr Durie. "Lalu, jika ia mengambil alih kokpit, dia bisa terbang kemanapun ia mau, mungkin mencari pengasingan atau yang paling mengerikannya, membunuh semua penumpang dan dirinya sendiri"

    10. Laporan menyebutkan bahwa radar menunjukan pesawat turun dengan cepat dan seperti berubah arah sebelum menghilang. Mungkinkah pilot berbelok karena ada masalah?

    Secara teori, pilot tidak diijinkan untuk seenaknya merubah arah. Lalu lintas udara memiliki jalurnya masing-masing seperti jalan raya dan diatur secara ketat oleh Pusat Kendali Udara.

    Bagaimanapun, dalam situasi darurat, pilot berhak merubah arah, terutama saat ia kehilangan altitude dan terancam melintasi jalur lain di bawahnya.

    Mr. Durie mengatakan "Prosedur normalnya berbelok 90 derajat, dan seperti keluar dari bahu jalan- seolah-olah menginformasikan pada Pusat Kendali bahwa anda sedang dalam masalah"


    Wah, mengerikan, ya?

    (sumber: Daily Mail)


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News