• ??? ????
  • ??? ????
  • Jerman dan Prancis Rujuk Di Tempat Pembantaian PDII

    Thu,05 September 2013 | 08:14

       

    IYAA.com - Ketika menyambangi tempat peringatan kekejaman Nazi menjadi bentuk tali persahabatan dua negara Eropa ini kembali tersambung. Tepat di hari Rabu kemarin, Presiden Jerman, Joachim Gauck ditemani oleh Francois Hollande, Presiden Prancis, berkunjung ke situs sejarah di desa Oradour-sur-Glne, Prancis. Agendanya sendiri adalah Joachim Gauck sebagai pemimpin Jerman ingin menyampaikan rasa dukanya yang begitu mendalam atas tewasnya ratusan warga desa Oradour-sur-Glne oleh Nazi pada perang dunia ke dua.

    Kunjungan simbolis Presiden Jerman kali ini adalah kedua kalinya setelah pertemuan sebelumnya antara Presiden Francois Mitterdand, dari Prancis dengan Helmut Kohl mantan Kanselir Jerman di tahun 1984. Agenda lainnya yakni Hollande dan Gauck memberikan pidatonya serta mengunjungi bangunan-bangunan, taman desa itu. Beberapa orang korban yang selamat juga turut mendampingi selama menyambangi tempat-tempat penuh duka tersebut.

    Sisa-sisa kekejaman Nazi yang meninggalkan luka mendalam di desa tersebut masih terlihat sangat jelas di desa Oradour-sur-Glne yang terletak di Prancis tengah bagian barat. Banyak runtuhan bangunan di desa itu dari gereja, rumah-rumah yang memang sengaja dijadikan sebagai monumen peringatan kekejaman Nazi dan tidak boleh dibangun kembali atas perintah Jenderal Prancis, Charles de Gaulle.

    Peristiwa Hollocaust sendiri adalah sebuah tragedi genosida terhadap sekitar enam juta penganut Yahudi di Eropa selama Perang Dunia II, dalam hal ini negara Jerman dengan Nazi nya menjadi pelaku utama program pembunuhan sistematis, dipimpin oleh Adolf Hitler, dan berlangsung di seluruh wilayah yang dikuasai oleh Nazi.

    Sumber Foto: AFP


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News