• ??? ????
  • ??? ????
  • Morsi Tolak Mundur, Mesir Memanas

    Wed,03 July 2013 | 17:36

       

    IYAA.com - Suasana politik di Kairo, Mesir kembali memanas. Demonstrasi yang dimulai sejak akhir juni sampai kini belum menunjukkan tanda akan mereda. Presiden terpilih Mohammed Morsi, yang dahulu diusung oleh warga Mesir untuk menggantikan Hosni Mubarak setahun yang lalu, kini diminta untuk mundur dari tampuk kepemimpinannya.
    Ribuan pengunjuk rasa yang menentang Presiden Morsi berkumpul di Tahrir Square, landmark kota Kairo. Mereka memberikan batas waktu pukul 17.00 pada tanggal 2 juli kemarin bagi Morsi untuk mengundurkan diri atau menghadapi pembangkangan sipil. Masalah menjadi semakin genting, saat pihak militer memberikan dukungannya kepada pihak oposisi. Pihak militer menyatakan akan "campur tangan" jika pemerintah dan oposisi gagal menyelesaikan krisis politik.
    Tekanan atas Presiden Morsi semakin besar dengan pengunduran diri enam menteri kabinet, termasuk Menteri Luar Negeri, Mohamed Kamel Amr, dan dua orang juru bicara pemerintah. Ditambah kenyataan bahwa sudah 16 orang tewas dan lebih dari 700 orang terluka dalam unjuk rasa ini. Namun pemerintah tampaknya berpikir lain. Kantor kepresidenan sudah mengeluarkan pernyataan menolak ultimatum militer dengan menegaskan presiden akan tetap meneruskan rencana rekonsiliasi nasional.
    Morsi yang berasal dari Partai Ikhwanul Muslimin menjadi presiden pertama dan dilantik tanggal 30 Juni 2012 setelah menang dalam pemilu yang dianggap berjalan bebas dan adil pasca kejatuhan rezim Hosni Mubarak. Namun selama setahun kepemimpinannya, ia dianggap gagal memperbaiki kondisi perekonomian Mesir dan banyak dari kebijakannya dianggap lebih mengutamakan kepentingan Ikhwanul Muslimin daripada kepentingan negara.

    Simak foto menarik lainnya dengan KLIK DISINI!

    (Sumber/Foto: Berbagai sumber/AFP)


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News