• ??? ????
  • ??? ????
  • Gerhana Matahari Total di Australia [FOTO-FOTO]

    Wed,14 November 2012 | 13:42

       

    SELASA (13/11), bulan melintas di jalur antara bumi dan matahari, menghasilkan fenomena alam gerhana matahari total. Matahari yang tertutup bulan menghasilkan bayangan seluas 95 mil di belahan bumi bagian selatan.

    Huffington Post mencatat, fenomena alam ini hanya dapat disaksikan di kawasan Australia bagian selatan hingga samudera Hindia dan Pasifik.

    Peristiwa langka ini menarik perhatian ribuan warga Australia mulai dari kawasan North Queensland, Cairns, hingga Great Barrier Reef.

    Para warga berkerumun di tepi pantai untuk menyaksikan matahari yang perlahan-lahan menghilang tertutup bulan. Ini merupakan peristiwa gerhana matahari total yang pertama kalinya dilihat di Australia sejak satu dekade.

    Sejumlah lembaga sains juga mengadakan live streaming yang menayangkan detik-detik terjadinya gerhana matahari total di Australia, salah satunya lembaga antariksa NASA. Produsen tekno, Panasonic, juga turut membuat tayangan live streaming yang dapat disaksikan melalui Ustream.

    Gerhana matahari total terjadi saat puncak gerhana, dimana piringan matahari tertutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Permukaan matahari tertutup sepenuhnya karena piringan bulan sama besar atau lebih besar dari piringan matahari.

    Piringan matahari dan bulan dapat berubah, tergantung pada masing-masing jarak bumi--bulan dan bumi--matahari. Inilah yang menyebabkan fenomena gerhana matahari dapat dibagi menjadi gerhana matahari sebagian, total, dan cincin.

    (rere/gur)


    Be Social with IYAA

    1/300

    Kirim Komentar

    Coba bilang "IYAA~~~"

    Headline News